close

Deretan Musisi Indonesia yang Menjamah Kancah Internasional

access_time 10 bulan yang lalu Comments

Indonesia memang banyak mencetak banyak musisi berbakat dalam berbagai genre mulai dari rock, pop, jazz, ska, dan masih banyak yang lainnya. Mungkin yang diketahui sudah melangkahkan kaki dikancah internasional hanya segelintir musisi seperti Anggun C. Sasmi, Agnez Monica, dan Rich Brian. Namun, di luar nama-nama tersebut ada beberapa musisi baik dari jalur side stream maupun main stream yang melebarkan sayapnya baik di Asia Tenggara bahkan sampai ke benua Amerika. Berikut ini adalah musisi Indonesia yang sudah menjamah kancah internasional;

1. The Super Insurgent Group of Intermperance Talent (The S.I.G.I.T.)

https://www.youtube.com/watch?v=tBq8tiewe4A

Unit hard rock asal Bandung yang berisikan Rekti Yoewono (vokal/gitar), Farri Ickhsan (gitar/synthesizer), Aditya Bagja Mulyana (bass), dan Acil Armando (drum) adalah salah satu band pertama dari Indonesia yang berangkat untuk mengisi acara di South by Southwest (SXSW) pada tahun  2009. Tidak berhenti SXSW, mereka meneruskan rangkaian tur mereka dengan menggelar acara di Los Angeles dan San Fransisco.

Sebelum melangkahkan kaki ke benua Amerika, The S.I.G.I.T. juga sudah melakukan rekaman di salah satu label rekaman Australia dan menggelar tur sebanyak 9 kota di negara kangguru tersebut. Pada tahun 2013 album kedua yang berjudu; “Detourne” menjadi lagu terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia, lagu “Gate of 15th” dalam album tersebut juga menjadi lagu terbaik di tahun itu menurut Rolling Stone Indonesia.

2. Superman Is Dead 

Trio punk-rock asal Bali yang digawangi oleh Bobby Kool (vokal), Eka Stone (bas) dan Jrx (drum) adalah salah satu band punk-rock terbesar di Indonesia. Terbentuk dari tahun 1995 ini adalah satu-satunya band Indonesia yang pernah menjadi headliners di VANS WARPED TOUR pada tahun 2009 lalu. Di negeri paman sam itu, SID melakukan 16 pertunjukan di 16 kota yang berbeda, yang unik pada 5 gig terakhir mereka di Amerka, mereka menamai pertunjukan mereka “From Bali with Rock“.

3. Mocca

Unit pop jazz asal bandung ini bisa dibilang sudah menjelajah ke sebagian negara Asia. Malaysia,Thailand dan Korea Selatan sudah mereka singgahi, namun yang menarik saat mereka berada di Korea untuk berpartisipasi pada ajang Asia Song festival, orang-orang Korea Selatan seakan hafal dengan lagu2 mereka dan turut bernysanyi. Catatan lainnya adalah, salah satu lagu Mocca menjadi theme song pada sebuah iklan di Jepang.

4. Burgerkill

Berasal dari Ujung Berung, Bandung, Ivan (vokal) beserta tiga kawannya, Eben (gitar), Kimung (drum), dan Dadan (bas gitar), membentuk grup musik hardcore bernama Burgerkill pada 1995. Dalam waktu lima tahun, Burgerkill sudah dicintai ribuan Begundal–sebutan untuk fans Burgerkill–dari seluruh kota di Indonesia dan sukses memperkenalkan musik hardcore di skena bawah tanah. Namun sayang  Burgerkill harus ditingkalkan oleh sang vokalis yang menidap penyakit, kemudian di gantikan oleh Vicky .

Bersama Vicki, Burgerkill sukses merampungkan album ‘Venomous’ (2011) dan memenangkan kategori ‘Metal As F**k’ dari penghargaan musik asal Inggris, Golden Gods 2013. Mereka mengalahkan Jason Newsted, Pussy Riot, Nergal, dan Sea Shepherd. Prestasi tersebut membuat Burgerkill kian dicintai oleh penikmat musik keras di Eropa. Pada tahun 2015 lalu mereka pun menjadi salah satu pengisi acara di Bloodstock Open Air di Inggris dan Obscene Extreme Fest di Ceko, dan Wacken Open Air, Jerman.

5. White Shoes and The Couples Company

Sebuah band beraliran pop/funk/jazz dari Jakarta yang di dibentuk oleh mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini berisikan Aprilia Apsari, Saleh, Yusmario Farabi, John Navid, Ricky Virgana, dan Aprimela Prawidiyanti. Debut album mereka bertajuk “White Shoes & The Couples Company” tahun 2005 lewat label Aksara Records dan didistribusikan oleh Universal Music Indonesia. Namun rupanya tidak hanya Indonesia saja yang memproduksi album band ini. Bahkan mereka dikontrak oleh Minty Fresh Records, sebuah label rekaman dari Chicago, AS.

White Shoes & The Couples Company adalah band Indonesia pertama yang dikontrak oleh label perusahaan musik Amerika. Bahkan MURI mencatat prestasi ini. Prestasi mereka juga tidak main-main. Mereka telah banyak mendapat penghargaan internasional, di antaranya penghargaan dari Allmusicguide sebagai “The 25 Most Crustwothy Band” di tahun 2006, “The 25 Best Band in Myspace in 2007” oleh Rolling Stone.com dan “The Most Blogworthy Band on The Planet” pada tahun 2007 oleh Yahoo! Music. Dan masih banyak lagi penghargaan yang mereka dapatkan.

close

Deretan Musisi Indonesia yang Menjamah Kancah Internasional