Daftar Film Indonesia yang Berhasil Sabet Penghargaan Internasional

access_time 3 tahun yang lalu

Indonesia memang banyak mencetak banyak banyak karya-karya yang mencengangkan dibidang kreatif. Khususnya pada sektor perfilman, baik sutradara, aktor dan, aktris kita tidak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa film bahkan menjadi pembicaraan hangat baik di dalam maupun luar negeri karena prestasi yang dicapai. Dari tahun ke tahun, proyek film berkualitas mewakili Indonesia di festival film bergengsi skala internasional. Dengan standar yang ketat banyak juga karya film Indonesia yang berhasil membuat harum nama bangsa.

Berikut ini adalah daftar film Indonesia yang berhasil mendapat penghargaan internasional, here we go.

1. Kucumbu Tubuh Indahku

Film garapan sutradara senior Garin Nugraha pada film ini ia mengangkat kisah tabu di balik tradisi yang ada di Indonesia yaitu, tradisi Lengger dan Gemblak. Film ini tercatat sebagai karya film panjang ke-19 Garin Nugroho. Uniknya, film ini adalah film pertama Garin yang mengangkat trauma di masyarakat. Film yang tayang pada 18 April 2019 ini meraih penghargaan dari Bisato D’oro Award Venice Independent Film Critic di Italia tahun 2018, Film Terbaik pada Festival Des 3 Continents di Perancis tahun 2018, dan Cultural Diversity Award under The Patronage of UNESCO pada Asia Pasific Screen Awards di Australia tahun 2018.

2. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Film yang disutradarai oleh Mouly Surya ini menceritakan tentang Marlina wanita pembunuh yang diperankan Marsha Timothy. Dia adalah seorang janda yang tinggal seorang diri di puncak perbukitan sabana di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Demi mempertahankan dirinya dari kejamnya dunia, ia terpaksa harus membunuh orang yang berusaha memperkosanya. Film yang memperlihatkan keindahan alam Sumba ini berhasil dinominasikan diberbagai penghargaan film dunia diantara lain Göteborg Film Festival dinominasikan sebagai Best International Award. Film ini juga memenangkan skenario terbaik pada FlFFS Maroko edisi ke-11,  film terbaik Asia/l NestWave dari The QCinema Film Festival, Filipina, meraih penghargaan juri khusus atau Snow Leopard Special Jury Award di AWFF dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Sekala Niskala (The Seen and Unseen)

Film garapan sutradara Kamila Andini, film ini bercerita tentang hubungan antara dua saudara kembar yang sempat renggang kemudian menjadi lebih erat karena salah satunya menderita penyakit. Film ini berhasil mendapat mendapatkan penghargaan dari Asia Pasific Screen Award- Tokyo Filmex International Film Festival untuk kategori Best Youth Film.

4. The Raid

Film yang dibintangi oleh Iko Uwais ini adalah salah satu film action kebanggan Indonesia, dengan alur cerita yang intens ditambah dengan adengan berkelahi yang sangat berkelas. FIlm yang disutradari oleh Gareth Evans ini berhasil mencatatkan film ini sebagai film meraih penghargaan di Dublin International Film Festival dalam kategori best film dan Audience Award, Toronto International Film Festival kategori Midnight Madness – People’s Choice Award, Indiana Film Journalists Association kategori Best Foreign Language Film, Imagine Film Festival kategori Silver Scream Award

5.  Jalanan

Film dokumenter yang sutradarai oleh Daniel Ziv ini mengangkat potret kehidupan di Indonesia melalui mata 3 pengamen muda yang humoris dan gigih menjalani hidup; Titi, Boni, dan Ho. Film ini mengikuti ketiganya secara intim dan mengangkat keseharian mereka yang terpinggirkan dari hiruk-pikuk Ibukota, tanpa rekayasa. Film ini berhasil meraih penghargaan diajang internasional seperti,  Busan International Film Festival award for Best Documentary, Melbourne International Film Festival’s People’s Choice Award for Best Documentary, Richard Leacock Award for Best First Feature Film at the 2014 Biografilm Festival, Best Documentary award at the 2014 Shanghai Television Festival.

Namun diluar nomor-nomor yang disebutkan di atas masih banyak lagi film Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan di ajang internasional. Tidak hanya dari film banyak juga karya anak bangsa yang berhasil meluaskan pasarnya ke kancah internasional di sini.

close

Daftar Film Indonesia yang Berhasil Sabet Penghargaan Internasional

Search
close