Coretan Albert Einstein Tentang Teori Relativitas Terjual Rp176 Miliar?

access_time 1 minggu yang lalu

Kalau lo berencana jadi seperti Albert Einstein, jangan buang coret-coretan sekarang. Siapa tau, nantinya bisa terjual ratusan miliar!

Sebuah manuskrip berisi hitung-hitungan yang Einstein buat terjual hari Selasa lalu dengan harga 11,7 juta euro, atau sekitar Rp176,4 miliar.

Manuskrip itu ternyata berisi coret-coretannya saat ia merumuskan teori relativitas.

MemberiĀ insight langka dari seorang Albert Einstein

Coretan Albert Einstein Tentang Teori Relativitas Terjual Rp176 Miliar?
via Reuters

Bukan sembarang coretan, tulisan tangan tersebut tentunya bisa memberikan pandangan yang langka tentang pemikiran Albert Einstein dalam merumuskan teori besarnya itu.

Jadi, bukan hal yang mengejutkan kalau tulisan di atas kertas itu bisa terjual dengan harga selangit lewat lelang. Pelelangan itu berlangsung di Rumah Lelang Christie’s di Paris.

Karena harganya yang fantastis, manuskrip itu pun memecahkan rekor penjualan bagi dokumen ilmiah bertulisan tangan. Selain itu, alasan lainnya yang membuat harga tulisan ini jadi sangat tinggi adalah kelangkaannya.

Pasalnya, ini adalah satu dari dua dokumen yang menunjukkan cara kerja dan pikir Einstein dalam menciptakan terobosan ilmiahnya.

Walau teorinya revolusioner, Einstein jarang menyimpan catatan

Coretan Albert Einstein Tentang Teori Relativitas Terjual Rp176 Miliar?
via Giphy

Coretan perhitungan tersebut Albert Einstein buat antara tahun 1913 dan 1914, melansirĀ Reuters. Tak sendirian, ia membuatnya bersama rekan asal Swiss, Michele Besso, yang kemudian menyimpan catatan tersebut.

Rumah lelang pun salut kepada pemikiran Besso yang bagaikan bisa memprediksi kalau catatan tersebut bakal bernilai sangat tinggi dan menyimpannya.

Einstein adalah tipe orang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu bisa tersimpan dan sampai kepada kita adalah hal yang luar biasa,” kata Vincent Belloy, ahli dari rumah lelang Christie’s.

Manuskrip itu berisi perhitungan Einstein untuk teori relativitas yang ia goreskan dengan tinta hitam. Menurut Belloy, coretan itu bahkan menujukkan kesalahannya dalam perumusan.

Bagaimanapun, teori relativitas yang Albert Einstein rumuskan telah mengubah pemahaman dunia tentang ruang, waktu, dan gravitasi.

Baca juga:

close

Coretan Albert Einstein Tentang Teori Relativitas Terjual Rp176 Miliar?

Search
close