‘Circles’, Album Terbaru Mac Miller Paska Kematiannya

access_time 2 tahun yang lalu

Malcolm James McCormick atau yang lebih dikenal dengan nama Mac Miller memang sudah meninggalkan kita semua pada tahun 2018 lalu. Diketahui bahwa sebelum ia meninggal, Miller sudah merampungkan album terbarunya namun tidak sempat dirilis.

Sebulan sebelum ia meningga, Miller sempat merilis single yang berjudul ‘Swimming‘ yang menampilkan evolusi besar dirinya. Menurut keluarganya, Mac Miller meninggalkan sejumlah materi baru yang sedang dalam proses rekaman album pendamping ‘Swimming‘. Album yang berjudul ‘Circles‘ akhirnya dirilis pada 17 Januari 2020

Produser Jon Brion dan keluarga Miller akhirnya memutuskan untuk menyelesaikan album tersebut. Namun, sebenernya ini adalah keinginan Brion yang berdedikasi ingin menyelesaikan album ‘Circle’ atas ingatan dan obrolannya bersama Mac Miller sebelum meninggal. Berbeda seperti album yang pernah ia produseri seperti ‘anumerta‘ Avicii dan Lil’ Peep yang banyak mengandalkan kolaborator, pada album ini akan berfokus pada Mac Miller saja.

Pada album ini berisikan 12 track dan pada delux editioan akan ada 2 track tambahan yaitu;

  1. Circles
  2.  Complicated
  3.  Blue World
  4. Good News
  5. I Can See
  6. Everybody
  7. Woods
  8. Hand Me Downs
  9. That’s on Me
  10. Hands
  11. Surf
  12. Once a Day

Deluxe Edition

  1. Right
  2. Floating

View this post on Instagram

Circles. January 17.

A post shared by Mac (@macmiller) on

Pada saat wafatnya Malcolm, ia sebenarnya tengah menyelesaikan proses album yang awalnya diberi nama ‘Swimming’ kemudian diganti menjadi ‘Circles’. Keduanya merupakan konsep yang telah dipikirkan Malcolm jauh hari, Malcolm dibantu oleh Jon Brion dalam menyelesaikan album ini, hingga berita kematiannya, Jon memutuskan untuk mendedikasikan dirinya dalam menyelesaikan album ini,” kata keluarga Mac Miller pada official Intagram Mac Miller.

Pada album ini sangat terasa Miller mengeluarkan isi hatinya, jika mendengarkan satu album full lagu ini maka akan terasa nuansa soul, jazz, yang dikawinkan dengan beat hip-hop. Jika mendengarkan sambil membaca lirik tiap lagu pada album ini, maka akan sangat terasa bahwa Miller saat ini memang sedang menghadapi depresi yang sangat berat, terlepas dari berakhirnya hubungan dengan mantannya, Ariana Grande.

Dengarkan full album Circle‘ di bawah.

 

 

close

‘Circles’, Album Terbaru Mac Miller Paska Kematiannya

Search
close