Chelsea FC Berusia 115 Tahun Hari Ini

access_time 2 tahun yang lalu

Pada 10 Maret 1905 silam, klub sepak bola berseragam biru asala London, Chelsea FC berhasil didirikan di sebuah rooftop bar Rising Sun (kini sudah menjadi restoran The Butcher’s Hook).

Sejarah

Sejarah klub ini dimulai dengan Gus Mears yang pada tahun 1904 membeli stadion Stamford Bridge di Fulham. Pada saat itu, Stamford Bridge merupakan markas dari London Athletics Club. Mears pun berencana untuk membangun kembali stadion tersebut dengan fasilitas sepakbola yang lebih lengkap, kemudian akan ditawarkan kepada klub lokal yang sudah eksis di wilayah tersebut.

Image result for chelsea 1905
Source: Pandit Football

Saat itu, Fulham FC adalah klub teranyar di wilayah tersebut, namun klub tersebut tidak tertarik untuk menggunakannya. Oleh karena itu, Mears memutuskan untuk menciptakan klubnya sendiri.

Pertemuan di bar tersebut adalah dipilihnya nama Chelsea oleh Mears. Ia memilih nama tersebut karena nama Chelsea merupakan sebuah kota kecil yang lokasinya dekat dengan stadion Stamford Bridge. Nama-nama lain seperti Kensington FC, Stamford Bridge FC, dan London FC sempat muncul dan jadi pertimbangan hingga akhirnya memilih nama Chelsea FC.

Ketika itu, pemain pertama untuk Chelsea FC adalah John Tait Robertson yang ketika itu menjadi pemain timnas Skotlandia. Selain menjadi pemain, ia juga diberikan kepercayaan untuk menjadi manajer Chelsea FC.

Kemudian Robertson berkolaborasi dengan Frederick Parker dan membawa Chelsea masuk ke Divisi Dua Football League. Pertandingan pertama Chelsea dilaksanakan pada 2 September 1905, yakni melawan Stockport County dan menghasilkan kekalahan 1-0 saat itu. Namun, pada pertandingan pertamanya menjajal kandang sendiri, Chelsea berhasil meraih kemenangan 4-0 atas Liverpool di Stamford Bridge.

Sepak terjang Chelsea di rumput hijau membuahkan hasil yang maksimal. Jelas saja, hanya butuh waktu dua tahun, Chelsea berhasil mendapat promosi ke Divisi Pertama pada 1907. Sejak masuk ke Divisi Pertama, munculah julukan “Pensiunan” buat Chelsea karena berhasil memikat penonton paling banyak sepanjang sejarah Britania. Bahkan, seorang seniman paling populer pada saat itu, George Robey mencoba mendaftarkan diri sebagai pemain untuk klub tersebut.

Image result for george robey chelsea
Source: Find A Grave

Semakin ke sini, Chelsea FC berhasil menunjukkan kualitas terbaiknya hingga meraih berbagai macam gelar. Pertama kali mereka mendapat gelar besar pada tahun 1955, di mana mereka berhasil menjadi juara liga. Hingga abad ke-20, mereka juga mampu menambah trofi besar seperti Piala FA, Piala Liga, hingga Liga Champions yang mereka raih tahun 2012.

Selamat ulang tahun ke-115, Chelsea!

close

Chelsea FC Berusia 115 Tahun Hari Ini

Search
close