Cara Keramas yang Benar Supaya Rambut Sehat

access_time 2 bulan yang lalu

Ada cara keramas yang efektif supaya rambut semakin sehat dan indah

Keramas adalah salah satu rutinitas setiap orang. Karena mampu membersihkan kotoran dan keringat yang menempel pada kulit kepala. Meskipun terkesan mudah, namun sebenarnya ada cara keramas yang benar.

Seperti beberapa langkah penting yang gak boleh terlewatkan supaya kulit kepala tetap sehat dan menghasilkan rambut yang indah. Without any further do, begini cara keramas ala hairdresser Korea, Cha Hong, untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat.

Namun sebelum memulai keramas, cobalah terlebih dahulu untuk menyisir rambut. Menyisir rambut bermanfaat buat mengurai rambut yang kusut setelah beraktifitas. Lo bisa mulai menyisir rambut dari bagian bawah hingga ke kepala.

Selain itu, cara ini juga baik untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala dan merangsang produksi minyak pada rambut. Juga membersihkan rambut hingga ke kulit rambut terdalam.

Sisir yang lo gunakan juga memengaruhi efek dari menyisir. Pilih sisir dengan gigi yang jarang atau bamboo hair brush untuk mengurangi risiko batang rambut terkikis oleh gerigi sisir.

Cara keramas ala hairdresser salon Korea

Pertama, gunakan air hangat pada temperatur air yang sama dengan kulit tubuh. Lo bisa menyesuaikan temperatur air dengan mencobanya pada pergelangan tangan. Jangan gunakan air pada suhu terlalu dingin atau terlalu panas sehingga membuat pori-pori kulit terbuka.

Kedua, tuangkan shampo pada telapak tangan lalu gosok hingga berbusa. Lalu oleskan shapo secara merata ke kepala dan rambut. Lo bisa mengoleskannya terlebih dahulu pada area rambut yang berkeringat. Yakni pada bagian atas depan kepala dan area hairline.

Ketiga, pijat kepala dengan lembut namun jangan menggunakan kuku. Memijat kepala dengan menggunakan kuku bisa melukai kepala lo. Sehingga pijat menggunakan jari secara perlahan.

Hindari juga untuk memijat kepala terlalu keras, karena bisa merangsang rambut untuk memproduksi minyak lebih banyak. Minyak yang terlalu banyak pada kepala bisa membuat rambut gampang lepek.

How To Wash Your Hair Properly According To A Hairstylist

Pakai kondisioner

Setalah ritual keramas selesai, supaya tetap lembut dan ternutrisi secara maksimal, lo bisa menggunakan kondisioner. Melansir dari sociolla, menggunakan treatment atau kondisioner yang basah justru gak terlalu efektif.

Jadi keringkan rambut secara perlahan untuk menyerap sisa air pada rambut. Setelah itu, ambil kondisioner secukupnya dan usap pada telapak tangan. Kemudian oleskan mulai dari ujung rambut hingga ke tengah rambut dengan mengepress.

Meski begitu, pastikan kondisioner gak mengenai bagian kulit kepala. Tutup kepala dengan hair cap selama 5 – 10 menit supaya kondisioner terserap.

Kemudian kalau sudah, bilas kondisioner yang tersisa pada rambut. Bilas hingga bersih supaya gak menyebabkan masalah pada rambut.

close

Cara Keramas yang Benar Supaya Rambut Sehat

Search
close