Car Free Day Kembali Digelar, Siapa Saja yang Tidak Boleh Masuk?

Car Free Day Kembali Digelar, Orang-Orang Berikut Dilarang Masuk
access_time 1 tahun yang lalu

Memasuki masa normal baru, gelaran car free day (CFD) tak lagi sebebas dulu

Setelah ditiadakan sejak 15 Maret 2020 lalu, kegiatan Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin akan kembali digelar pada Minggu (21/6/2020). Hal ini dipastikan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Untuk hari Minggu sudah ada HBKB,” ujarnya, dilansir dari Kompas.com.

View this post on Instagram

Kemarin bersepeda dari Lebak Bulus ke Kantor di Balaikota itu kira-kira 19 km. Di tengah perjalanan makin ramai, bertemu dengan rombongan sepeda @bangariza, teman-teman @dprddkijakarta dan kawan-kawan dari komunitas @b2w_indonesia. Senang melihat animo masyarakat untuk bersepeda itu meningkat tinggi sekali. Kami di Pemprov DKI sudah mendorong ini sejak beberapa waktu yang lalu, bahkan tahun lalu kita sudah menambah jalur sepeda sepanjang 63 km. Dan sekarang kita tambahkan jalur popup sementara untuk para pesepeda supaya aman, dan alhamdulillah ini tertata dengan baik, insyaAllah bisa digunakan terus. Mari bersepeda bukan sekadar sebagai alat olah raga, tapi sebagai alat transportasi. Jadi kalau mau pergi ke warung, bisa naik sepeda. Mau pergi ke toko, bisa naik sepeda. Mau pergi ke rumah ibadah, bersepeda. Mau ke kantor bisa naik sepeda. Jadi sepeda ini alat transportasi, tidak perlu sepeda mahal sepeda apa saja bisa dan tidak perlu pakaian khusus, atau sepatu khusus. Cukup sepeda, helm, pakai pakaian yang kita biasa pakai, dan kaki. Ayo bersepeda! #JakartaRamahBersepeda Sumber: @aniesbaswedan

A post shared by DISHUB PROVINSI DKI JAKARTA (@dishubdkijakarta) on

Tatanan normal baru (The New Normal) tentunya akan diterapkan. Dengan demikian, CFD di era PSBB transisi ini hanya diperuntukan buat masyarakat yang ingin berolahraga.

Tak lagi sebebas dulu, pihak Dishub DKI pun mengimbau beberapa orang untuk tidak menghadiri CFD.

Pedagang Kaki Lima (PKL) dilarang berjualan di CFD

Untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19, Dishub DKI pun akan mengevaluasi pelaksanaan CFD pertama di masa PSBB transisi ini.

Langkah pertamanya adalah dengan melarang kebradaan PKL.

Pedagang kaki lima tidak diperbolehkan, sementara HBKB untuk berolahraga dengan menerapkan prinsip protokol kesehatan,” ujar Sayfrin.

Semuanya bisa terus menjaga dan tidak terjadi penyebaran Covid-19. Jadi, HBKB akan diaktivasi hari minggu besok, tentu ini jadi uji coba di masa transisi dan kita akan lakukan evaluasi,” ujar Syafrin.

Masyarakat yang demam dan flu dilarang mengikuti gelaran CFD

Senada dengan PKL, masyarakat yang menderita demam dan flu pun dilarang untuk datang dan berolahraga pada CFD hari minggu mendatang.

Semuanya bisa terus menjaga dan tidak terjadi penyebaran Covid-19. Jadi, HBKB akan diaktivasi hari minggu besok, tentu ini jadi uji coba di masa transisi dan kita akan lakukan evaluasi,” ujar Syafrin.

Setujukah lo untuk CFD kembali digelar? Atau malah takut jadi sumber penyebaran COVID-19 karena publik jadi berkerumun? Tell us what you think in the comments below!

close

Car Free Day Kembali Digelar, Siapa Saja yang Tidak Boleh Masuk?

Search
close