Cap Tikus Bisa Sembuhkan Corona? Siap-Siap Habis di Pasaran

access_time 1 tahun yang lalu

Percaya tidak bahwa minuman Cap Tikus alkohol asli Sulawesi Utara ini ternyata bisa menyembuhkan virus Corona? Hal ini diuji coba oleh seorang traveller asal Rusia, Igor Vasilyev yang sempat menjadi viral akibat videonya sedang mengonsumsi minuman beralkohol ini. Igor percaya bahwa Cap Tikus dapat menangkal virus Corona.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Captikus (@captikus1978) on

Hal ini ia katakan saat mencicipi Cap Tikus di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Igor bersama rekannya, Rahmat Azis yang juga content creator YouTube yang mengangkat tema petualangan alam liar sudah kedua kalinya mendatangi Kabupaten Banggai ini.

Pertama kali, mereka datang tahun 2017 untuk melakukan arung jeram bersama menyusuri Sungai Taloyon, setelah berhari-hari mendayung dari Kepulauan Togean ke Pagimana dan dari Banggai Kepulauan ke Banggai Laut. Saat akan berjalan pulang menyusuri mata air Liku Paseda, mereka memutuskan untuk berkemah beberapa hari. Di sana mereka sempat tersesat dan kehabisan persediaan makanan.

Igor dan Rahmat yang memutuskan untuk mencari makanan, justru menemukan beberapa jerigen yang berisi olahan sari buah enau. Masyarakat setempat menyebut minuman tersebut dengan yang kita kenal Cap Tikus.

Kedatangan Igor dan Rahmat untuk kedua kalinya setelah dua bulan kemudian mereka merasa rindu dengan Cap Tikus tersebut dan siap untuk meminumnya lagi. Kali ini kedatangan mereka tepat saat sedang gencar-gencarnya berita tentang virus Corona yang merajalela. Namun hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk menghampiri Cap Tikus yang sudah mereka idam-idamkan.

Setelah lebih dari 28 hari di sana dan meminum Cap Tikus, Igor dan Rahmat merasa tubuhnya sangat fit. Karena merasa tubuhnya fit berkat Cap Tikus, maka mereka menganggap bahwa minuman beralkohol bisa menangkal virus Corona. Saksikan videonya di atas.

Tapi, apakah benar alkohol bisa menangkal virus Corona?

Tidak Ada Hubungannya Alkohol Bisa Membunuh Corona

Image result for alcohol
Source: Star Insider

Di Indonesia sendiri, pasti lo sempat mendengar kabar bahwa minuman beralkohol bisa menangkal virus Corona ini. Akan tetapi, para ahli dan dokter spesialis pun memiliki pendapat yang berbeda.

Dilansir dari Ayo Bandung, Dr. dr Sukamto Sp.PD, KAI selaku pakar penyakit dalam dari RS Univ. Indonesia menyatakan bahwa alkohol jelas tidak bisa mengobati virus Corona. Secara ilmiah, komponen utama dari alkohol adalah gula dan sifatnya tidak bisa untuk membunuh virus Corona.

Alkohol juga tidak masuk dalam bagian saluran nafas atas yang terinfeksi Corona, yang ada malah merusak hati sebagai salah satu produsen utama kekebalan daya tahan tubuh,” kata Sukamto.

Begitu juga dengan apa yang dikatakan dokter spesialis paru, Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, SpP(K). Dilansir dari Malang Post, ia juga mengatakan bahwa informasi terkait alkohol bisa membunuh virus Corona tidak benar. Menurutnya, alkohol 70 persen memang dapat menginaktifkan virus dan desinfektan.

Namun harus direndam. Kalau diminum secara terus menerus akan berdampak buruk. Bahkan hingga meninggal dunia,” kata Erlina.

Nah, berarti apa yang dikatakan Igor dan RA tentang Cap Tikus bisa menangkal virus Corona ternyata tidak benar. Jadi jangan langsung percaya dengan informasi yang beredar dan jangan main asal share!

close

Cap Tikus Bisa Sembuhkan Corona? Siap-Siap Habis di Pasaran

Search
close