Bunyi Klakson Terlalu Berisik, Pemerintah Akan Ganti Jadi Suara Suling?

Bunyi Klakson Terlalu Berisik, Pemerintah Akan Ganti Jadi Suara Suling?
access_time 2 minggu yang lalu

Bunyi klakson kerap terdengar di tengah kemacetan. Tak ayal terkadang bunyi itu mengganggu dan terkesan ‘berisik’. Terkait fenomena itu, Kementrian transportasi India merencanakan akan membuat aturan baru mengenai penggunaan klakson.

Demi mengurangi polusi suara, bunyi klakson di India kemungkinan akan dirubah menjadi seperti alat musik.

Bunyi klakson terlalu berisik, pemerintah India siapkan ‘suara’ baru

Seperti dilansir CNNIndonesia, Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari mengatakan aturan tentang itu akan segera diselesaikan.

Nantinya aturan itu akan langsung ditujukan kepada produsen yang membuat kendaraan baru. Uniknya, sang menteri sendiri memiliki pengalaman sehubungan dengan polusi suara klakson di India.

via Gyfcat

Saya tinggal di lantai 11 Nagpur. Saya melakukan pranayama [latihan yoga untuk pernapasan] selama satu jam setiap pagi. Tapi klakson kerap menggangu konsentrasi saya dalam kesunyian pagi. Setelah masalah ini, pikiran muncul di benak saya bahwa klakson kendaraan harus digunakan dengan benar,” tuturnya.

Rencanana, pemerintah India akan merubah suara klakson yang bising menjadi suara instrument, seperti tabla, perkusi dan biola.

Kami sudah mulai memikirkannya bahwa suara klakson mobil seharusnya menjadi instrumen India. Kami saat ini sedang mengerjakannya. Suara instrumen seperti tabla, perkusi, biola. terompet, suling seharusnya yang keluar dari klakson,” lanjutnya.

Sudah ada zona bebas klakson, namun kurang efektf

Sementara itu, Cartoq menjelaskan bahwa sudah terdapat berbagai zona larangan untuk membunyikan klakson di jalanan India. Namun sayangnya sebagian besar pengemudi tidak menghiraukankan.

Berdasarkan aturan yang ditetapkan di sana, suara kebisingan klakson seharusnya tidak melebihi 112 dB. Keparahan polusi suara klakson di sana disebut sebagai masalah besar pada sebagian kota di India dan menciptakan berbagai masalah di kalangan masyarakat.

Bunyi Klakson Terlalu Berisik, Pemerintah Akan Ganti Jadi Suara Suling?
via Giphy

Kendati tidak menyelesaikan masalah sampai ke akar, solusi Gadkari dipercaya mampu mengurangi masalah suara klakson menjadi tidak lebih mengganggu seperti sekarang ini.

Untuk diketahui, pengemudi di India banyak menggunakan klakson untuk berbagai hal, seperti menyapa, memberi tahu posisi, menegur pengemudi lain dan tindakan mitigasi. Penggunaan klakson di India juga populer karena kebiasa lain yaitu pengemudi lebih suka melipat spion untuk menghindari tabrakan.

Ide yang menarik nih, bisa jadi band kalau dibunyikan bersamaan.

close

Bunyi Klakson Terlalu Berisik, Pemerintah Akan Ganti Jadi Suara Suling?

Search
close