Bukan Cuma Jakarta Tenggelam, Ganjar Sebut Jawa Tengah Juga Terancam

access_time 1 bulan yang lalu

Biden prediksi Jakarta tenggelam, Ganjar menyebut ancaman juga untuk Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut ancaman Jakarta Tenggelam gara-gara perubahan iklim gak cuma mengancam ibu kota. Namun berlaku juga untuk kawasan Jawa Tengah.

Ganjar mengungkapkan beberapa wilayah pesisir Jateng saat ini bahkan sudah mulai tenggelam. Ada satu desa bernama Bedono, Kabupaten Demak yang udah gak ada penghuninya karena tenggelam.

“Jangan khawatir Jateng sudah tenggelam. Beberapa bagian sudah tenggelam. Enggak boleh bilang enggak, beberapa sudah tenggelam,” ucap Ganjar dalam diskusi secara virtual, Selasa (10/8).

Bahkan penghuninya juga sudah banyak yang mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Bukan Cuma Jakarta Tenggelam, Ganjar Sebut Jawa Tengah Juga Terancam
Via Tempo

Potensi wilayah Indonesia tenggelam bukan hal baru

Selain itu, ia juga menyebut adanya potensi tenggelam pada sejumlah wilayan Indonesia bukan menjadi masalah baru. Menurutnya, ancaman Ibu Kota tenggelam belakangan baru ramai karena ucapan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Padahal, sudah ada peneliti dari LIPI yang dari lama membicarakan hal ini.

“Ini nasib saya dengan Mas Anies sama. Karena kemarin ini yang ngomong Biden jadi semua berteriak. Padahal dulu peneliti dari LIPI sudah ngomong dari lama,” tuturnya.

Ganjar memaparkan, sejumlah wilayah Jateng yang berpotensi tenggelam adalah Semarang, Demak, Brebes, Juga Kabupaten dan Kota Pekalongan. Ia pun memberikan contoh salah satu wilayah Sayung, Semarang yang sudah tenggelam.

Ada juga wilayah Brebes yang kini sudah berubah menjadi hutan bakau.

“Di Brebes juga udah terjadi satu area yang kini jadinya hutan bakau,” terangnya.

Bukan Cuma Jakarta Tenggelam, Ganjar Sebut Jawa Tengah Juga Terancam
Via Nasional OkeZone

Penurunan air tanah

Ganjar juga memaparkan bahwa ancaman tenggelam ini bukan cuma karena perubahan iklim, melainkan adanya penurunan air tanah. Menurut Ganjar, penurunan air tanah terjadi karena pembangunan secara masif dan eksploitasi berlebihan.

“Kalau dibicarakan akan tenggelam, tidak. Beberapa area sudah tenggelam, maka kemudian bagaimana kita bisa mengambil sikap pada hal ini,” pungkasnya.

 

close

Bukan Cuma Jakarta Tenggelam, Ganjar Sebut Jawa Tengah Juga Terancam

Search
close