Buaya Vegetarian Mendadak Viral dan Jadi Ikon Sebuah Kuil!

Buaya Vegetarian Mendadak Viral dan Jadi Ikon Sebuah Kuil!
access_time 1 bulan yang lalu

Buaya vegetarian mungkin bukan hal yang sering terdengar. Kendati demikian ternyata ada buaya yang jauh dari image hewan buas dan pemakan daging. Pasalnya buaya yang satu ini dikenal sebagai pemakan sayuran.

Bertempat di Kuil Sri Ananthapura di distri Kasaragod Kerala utara, buaya vegetarian itu dikenal dengan nama Babiya.

Buaya vegetarian jadi ikon kuil

Melansir Oddity Central, gambar buaya besar di dalam Kuil Danau Swammy Sri Ananthapadmanabha sempat menjadi berita utama internasional dan meningkatkan popularitas kuil Hindu kecil itu.

Bahkan bukan hanya kali tersebut sang reptil raksasa itu memasuki kuil. Buaya itu justru lebih banyak mengabiskan waktu di kolam yang berdekatan.

Babiya kerap menunggu para pendeta membawakannya makanan sehari-hari yang menunya selalu ‘vegetarian’. Berdasarkan kepercaya para pendeta, Babiya sang buaya sudah terbiasa hidup dengan nasi dan berada di kuil selama lebih dari tujuh dekade.

Sudah muncul sejak tahun 1945

Sejauh ini tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana Babiya bisa ada di kuil Kerala. Karena sudah terlalu lama, buaya itu dianggap sebagai bagian dari keindahan kuil.

Para pendeta di sana mengklaim bahwa reptil itu tidak pernah mencoba menyerang dan menganggap itu sebagai hewan suci.

Buaya Vegetarian Mendadak Viral dan Jadi Ikon Sebuah Kuil!
via Facebook – Sri AdiShesha Raam Bhajana

Legenda menyebut bahwa pada tahun 1945, seekor buaya yang juga kemudian disebut Babiya muncul di kolam kuil beberapa hari setelah seorang perwira tentara Inggris dibunuh secara misterius oleh binatang yang tidak dikenal. Dikatakan bahwa petugas telah menembak seekor buaya yang berada di kuil pada waktu itu,” kata Mahalingeshwara Bhat, ketua dewan pengawas kuil kepada The Indian Express.

Babiya yang dikenal sebagai buaya rawa disebut menerima dua porsi nasi per hari, satu di pagi dan satu di sore. Berdasarkan pengakuan staf di kuil Sri Ananthapadmanabha, Babiya tidak pernah menerima daging apapun dan tidak menyerang ikan.

Saya memberi makan Babiya 1 kg beras setiap hari. Dia tidak makan daging, bakan tidak menyerang ikan yang ada bersamanya,” tutur seorang staff kuil kepada The News Minute.

close

Buaya Vegetarian Mendadak Viral dan Jadi Ikon Sebuah Kuil!

Search
close