BTS Semakin Berpeluang Untuk Tunda Wamil, Apa Alasannya?

BTS Semakin Berpeluang Untuk Tunda Wamil, Apa Alasannya?
access_time 11 bulan yang lalu

UU baru disahkan, akan ada kelonggaran wamil bagi mereka yang berprestasi

BTS semakin berpeluang untuk tunda wamil. Pasalnya dikabarkan bahwa Majelis Nasional Korea Selatan telah mengesahkan undang-undang yang memberikan kesempatan pada artis berprestasi untuk menunda pendaftaran wajib militer.

Seperti dikutip dari Soompi, Majelis Nasional menyetujui undang-undang yang memumingkan seniman dengan rekomendasi dari Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata atas pencapai signifikan mereka dalam meningkatkan citra bangsa. Setidaknya, mereka bisa menunda wamil sampai genap berusia 30 tahun menurut perhitungan internasional.

Telah disetujui, undang-undang tersebut¬† mendapat julukan “Hukum BTS”

Dari total 268 anggota Majelis Nasional, 253 suara menyetujui rancangan undang-undang (RUU) tersebut, dua menentang dan 13 abstain. RUU tersebut kemudian disebut netizen sebagai “Hukum BTS” atau “amandemen dinas militer BTS”.

Jin BTS berpeluang tunda wamil // image via kapanlagi.com

Alasannya karena UU tersebut akan berpengaruh pada member tertua BTS, Jin yang seharusnya akan diminta mendaftar wamil dalam waktu dekat. Diketahi, pada tanggal 4 Desember 2020 mendatang, Jin akan berusia 28 tahun (sesuai perhitungan usia internasional).

Dimana hal Jin berarti sudah mencapi usia maksimum untuk segera mendaftar wamil. Jika tidak, dia akan dianggap terlambat menjalankan kewajibannya sebagai warna negara Korea Selatan.

Berprestasi sampai kancah internasional, BTS semakin berpeluang untuk tunda wamil

BTS sendiri bisa dibilang cukup memenuhi sebagai kategori artis berprestasi, bahkan belum lama ini mereka berhasil masuk ke dalam Grammy Awards. Faktanya, di tahun 2018, BTS juga sempat menerima Order of Cultural Merit dari Kementrian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata.

Dynamite – BTS , masuk dalam nominasi Grammy 2021

Penghargaan tersebut merupakan achievement yang diberikan langsung oleh presiden. BTS mendapatkan penghargaan tersebut karena pencapaian luar biasa di bidang kebudayaan dan seni yang secara tidak langsung telah mempromosikan kebudayaan nasional Korea. Selain itu juga berkontribusi dalam pengembangan negara.

Meski terkesan menguntungkan BTS, sebenarnya rancangan undang-undang tersebut berlaku untuk semua orang yang turut berprestasi dan mengharumkan nama Korea Selatan di mata dunia.

Gimana ARMY senang?

close

BTS Semakin Berpeluang Untuk Tunda Wamil, Apa Alasannya?

Search
close