🥞 Fakta Brown Sugar dan Aneka Kulinernya yang Hits

By
access_time 3 minggu yang lalu

Di eranya ngopi ini, ada banyak pernik makanan dan minuman yang ikut populer. Salah satunya brown sugar yang eksotis bin manis.

Ada beberapa hal yang tidak banyak kita ketahui tentang bahan satu ini. Di antaranya membedakan brown sugar dengan gula palem lainnya, anjuran buat yang sakit gula dan pastinya, kreasi menu-menu yang bisa menggunakan jenis pemanis ini.

Nah, agar tak hanya asal mengonsumsi dan menggunakannya, mari kita bahas sedikit tentang si manis yang lagi hits ini.

Membedakan brown sugar dengan gula palem/aren

brown sugar palm sugar

Meski memiliki warna yang mirip, ternyata mereka ini adalah dua bahan pemanis berbeda. Tapi, sederhananya adalah pada bahan bakunya. Seperti yang kita tahu, gula palem terbuat dari air gula keluarga palem-paleman. Misalnya pohon aren, kelapa, dan siwalan. Untuk menjadikannya gula siap pakai, cairan ini diolah hingga warnanya menjadi seperti karamel dan gelap.

Yang bikin gula seperti ini lebih istimewa, sehat dan pastinya agak lebih mahal adalah karena glikemik indeksnya lebih rendah (sehingga kekuatan manisnya tergolong natural dan rendah) serta masih ada kandungan vitamin dan mineral. Biasanya, kita bisa menemukan jenis gula ini dalam bentuk granulated atau seperti gula pasir, gula cair, hingga padat.

Nah, kalau brown sugar, memang dasarnya adalah gula pasir dari tebu, tapi ada penambahan mollases yang juga merupakan produk sampingan gula. Warnanya kecoklatan sehingga bisa menghasilkan warna seperti karamel. Ada beberapa level manis dilihat dari pekat dan terang warnanya. Light brown sugar biasanya untuk minuman dan kue, sedangkan dark brown sugar untuk masakan seperti saus.

Apakah brown sugar aman jika gula darah kita cenderung tinggi?

Nah, karena kemiripan antara kedua jenis pemanis di atas, seringkali orang miskonsepsi sehingga tidak menggunakan gula ini sebagai pengganti. Padahal secara profil sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gula putih. Sehingga memiliki risiko yang sama untuk meningkatkan kadar gula darah.

Oleh karena ini pula, kalau kita doyan makanan atau minuman kekinian dengan penambahan brown sugar, sebaiknya atur juga asupannya ya. Saat gula darah tinggi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan, jadi tidak nikmat lagi deh jajan ini dan itu.

Makanan dan minuman kekinian dengan gula hits ini

Jika kita perhatikan, belakangan ini banyak sekali minuman yang berpadu dengan brown sugar. Tampilannya pun tempting, seperti boba, milk tea, hingga coffee. Kominasi warna yang nampak creamy, deep dan legit bikin minuman ini laku keras di kalangan anak jaman sekarang.

Brown sugar drink
Sumber: Coconuts

Sementara itu, dari lini makanan ada kuliner modern macam toast, pancake, dessert cake, hingga cookies. Dan makanan tradisional seperti pisang, sampai kue gemblong pun tak mau ketinggalan.

brown sugar toast
Sumber: Ban Ban Tea

Bahkan, belakangan ini ada mie yang viral karena menggunakan si manis ngehits ini. Wah, seperti apa ya rasanya?

Brown sugar mie viral
Sumber: Detik

Buat para sugartooth, kedatangan menu-menu ini bagaikan surga dunia. Rasa yang kita dapatkan dari makanan dengan bahan gula ini adalah manis layaknya gula, namun lebih ada sensasi seperti legit. Wangi manisnya seperti karamel.

Bedanya dengan makanan yang menggunakan gula palem adalah, rasa legit manisnya lebih ringan dan beraroma khas. Buat kalian yang nggak ingin rasa terlalu manis, mungkin bisa memilih gula palem yang rasanya lebih mild. Keduanya tetap nikmat, asal kita makan dan minum dengan batasan tertentu ya.

Itulah sekilas mengenai brown sugar. Padahal hanya gula dan manisnya tidak jauh berbeda, tapi memang kreasi kuliner masa kini bikin kita sulit menahan godaannya.

close

🥞 Fakta Brown Sugar dan Aneka Kulinernya yang Hits

Search
close