Bob Iger Mundur Dari jabatan CEO Disney

access_time 2 tahun yang lalu

CEO Disney, Bob Iger dikabarkan mengundurkan diri dari posisinya dan digantikan dengan Bob Chapek. Ia sudah menempati posisi sebagai CEO sejak 2005 saat menggantikan Michael Eisner. Selama 15 tahun ia berkarya bersama Disney, banyak sepak terjang yang sudah ia raih.

Image result for bob iger
Source: The Wrap

Bob Iger adalah key player penting dalam mendikan Disney sebagai pusat kekuatan media melalui akuisisi beberapa perusahaan besar dan konten yang ia hadirkan. Saat bersama Disney, Bob Iger berhasil mengakuisisi Pixar Animation di tahun 2006, membeli Marvel pada taun 2009, bekerja sama dengan Lucasfilm pada tahun 2012, dan mengakuisisi aset Fox pada Maret 2019.

Ternyata, Iger sudah memutuskan untuk mundur sebagai CEO ketika masa jabatannya habis pada tahun 2021. Tapi ternyata ia memutuskan untuk mundur lebih cepat dari rencana sebelumnya. Posisi Iger saat ini memang bukan sebagai CEO secara efektif lagi, tapi ia tetap menjadi pejabat eksekutif hingga masa kontraknya selesai.

Image result for disney gif
Source: Giphy

Mendengar kabar ini, sontak membuat saham Disney di bursa Wall Street langsung menurun hingga 3,62% di level US$ 128,19 per saham saat ditutup Rabu, 26 Februari 2020.

Namun menurut Iger, mundurnya dari jabatan CEO Disney merupakan langkah baru untuk fokus pada upaya kreatif yang lebih luas. Sementara Bob Chapek akan menggantikan posisinya, ia akan terus melakukan laporan rutin kepada Iger untuk membantunya memantau perkembangan bisnis Disney.

Sebagai penerus Disney, Chapek berencana akan terus bekerja pada pilar strategis yang telah dibangun Iger selama ini, terutama interaksi kepada seluruh konsumen Disney.

Mengenal Bob Chapek

Image result for bob chapek
Source: CNN

Sebelum menjabat sebagai CEO Disney, Bob Chapek merupakan Chairman Disney Parks sejak 2018 dan pemimpin dari Walt Disney Parks and Resorts sejak tiga tahun sebelumnya. Ia memang berpengalaman dalam bidang pengelolaan taman, tapi Disney akan terus mendorong narasi bisnis yang berfokus pada layanan video streaming Disney +.

Diangkatnya Chapek menggantikan Bob Iger menjadikannya CEO ke-7 dalam sejarah perusahaan Disney.

Bob Iger menyatakan “Dengan kesuksesan peluncuran direct-to-consumer Disney dan integrasi 20th Century Fox berjalan dengan baik, saya percaya ini adalah waktu yang tepat untuk transisi ke CEO yang baru.”

Mari kita tunggu langkah-langkah kreatif yang dihasilkan Disney bersama Bob Chapek. Terutama pada platform streaming, Disney +.

 

close

Bob Iger Mundur Dari jabatan CEO Disney

Search
close