close

Bersepeda Empat Tahun ke Mekah, Pria Ini Gagal Naik Haji Karena Pandemi

By Billy Dewanda
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Empat tahun dihabiskan dengan bersepeda, sampai tujuan pupus harapan.

Naik haji memang sudah menjadi cita-cita semua umat Muslim. Seperti halnya yang dilakukan pria ini, demi naik haji ke Mekah, ia rela melakukan apapun untuk mencapai cita-citanya.

Niatnya untuk naik haji sudah berada di Mekah sejak tujuh bulan lalu. Namun, ia pergi ke Mekah dengan cara yang tidak biasa, karena ia lebih memilih untuk bersepeda.

Namanya Ghulam Yassin. Empat tahun sudah ia menghabiskan waktu perjalanannya dengan gowes sepeda dari Maroko sampai Mekah.

Bersepeda dari Maroko sampai Mekah

via ArabNews

Kisahnya menjadi viral di media sosial karena berkat cerita pengalamanya lewat video. Yassin mengatakan bahwa ia telah meninggalkan negaranya dengan bersepeda dan jalan kaki sejak 2017 silam.

Sepanjang perjalanannya, ia telah melintasi 28 negara dengan bersepeda dan berjalan kaki untuk bisa sampai ke Arab Saudi.

via Giphy

Saya menghabiskan waktu empat tahun jalan kaki ke Mekah sehingga saja bisa menunaikan ibadah haji,” kata Yasin dikutip dari Detik.

Sesampainya di Arab Saudi, ia tinggal di wilayah Abha menggunakan tendanya yang sudah dibawa sejak dari Maroko. Bahkan untuk makan, ia juga memasak sendiri dengan konsep seperti sedangĀ camping.

Gagal naik haji

via Travel MII

Sesampainya ia di Arab Saudi tujuh bulan lalu, hasratnya sudah sangat menggebu-gebu untuk menjalankan ibadah hajinya. Namun sayang harapan Yassin pupus begitu saja karena rencananya dihalangi virus corona.

Pemerintah Arab Saudi telah membatasi kuota peserta haji untuk tahun 2020 ini.

Bermaksud untuk kembali ke Maroko, ia pun juga tidak bisa meninggalkan Mekah. Jadi ia memutuskan untuk menetap di Abha, karena menurutnya udaranya lebih sejuk dan pemandangannya lebih indah daripada Maroko.

via Giphy

Kisahnya yang viral pun sudah terdengar seluruh wilayah Arab Saudi. Sampai akhirnya ada seorang warga Arab Saudi, Abdulrahman Al-Mutairi yang menemuinya di Abha dan senang akan kedatangannya untuk menunaikan ibadah haji.

Karena melihat niat Yassin yang mulia, Al-Mutairi mengatakan bahwa ia akan membiayai naik hajinya untuk tahun depan.

_

Apa gak copot itu kaki empat tahun sepedaan?


close

Bersepeda Empat Tahun ke Mekah, Pria Ini Gagal Naik Haji Karena Pandemi