Berapa Gaji DPR Setiap Bulannya?

access_time 2 tahun yang lalu

Nama Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR kini diperbincangkan di media sosial karena pasal-pasal RKUHP yang dinilai dapat meresahkan masyarakat di Indonesia. Namun banyak masyarakta yang masih bertanya tentang berapa besar gaji anggota DPR dan apa yang didapatkan jika menjadi anggota DPR. Berapa sih gaji DPR yang mewakilkan suara – suara rakyat?

560 anggota DPR yang kini menjalankan tugasnya untuk mewakilkan suara rakyat, ternyata memiliki gaji dan tunjangan yang mencapai lebih dari Rp 50 juta per bulan.

Dilansir dari Kompas, berdasarkan gaji DPR periode 2014-2019, setiap anggota DPR memiliki gaji pokok sektiar 4,2 juta rupiah dengan banyak tunjangan seperti tunjangan istri, tunjangan anak (2 anak), uang sidang, tunjangan jabatan, tunjangan beras, dan tunjangan PPH Pasal 21. Jika ditotalkan setiap anggota DPR perbulannya mendapatkan lebih dari 17 juta setiap bulannya.

Namun pada tahun 2015 lalu, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro telah menyetujui kenaikan besaran tunjangan anggota DPR. yakni dengan tunjangan kehormatan, tunjangan komunkiasi, tunjangan peningkatan fungsi pengawasan, tunjangan listrik, dan biaya penyerapan aspirasi masyarakat yang jika ditotalkan anggota DPR mendapatkan 55 juta perbulannya.

Dari total gaji dan tunjangan yang dimiliki DPR, semua itu belum termasuk biaya perjalanan dan pemeliharaan rumah dinas. Namun dari semua gaji tersebut, pastinya memiliki tanggung jawab yang besar. Jika tanggung jawab terlalaikan, maka pastinya akan dikritik dan ditegur oleh rakyat Indonesia itu sendiri.b

 

Image Source: [breakingnews]

close

Berapa Gaji DPR Setiap Bulannya?

Search
close