Begini Cara Mengatur Meja Kerja Lo Menurut Ilmu Ergonomi

access_time 12 bulan yang lalu

Buat lo yang sekarang kerja kantoran, pasti sering banget merasa lelah karena bekerja delapan jam sehari di depan PC atau laptop. Itu bisa jadi karena posisi duduk lo kurang benar atau bisa juga karena lo yang kurang bisa beradaptasi dengan kursi dan meja di kantor.

Masalahnya, kursi dan meja di kantor tidak sepenuhnya dibuat khusus buat lo. Itu bisa digunakan siapa saja. Nah, kayaknya lo harus pelajari ilmu ergonomi karena cocok banget buat anak kantoran.

Dengan ilmu ergonomi ini bisa membuat kursi dan meja beradaptasi dengan tubuh lo, bukan sebaliknya. Begini cara mengatur meja kerja lo supaya nyaman menurut ilmu ergonomi.

Sesuaikan Ketinggian Kursi

Image result for ketinggian kursi dengan meja
Source: WikiHow

Posisi kursi ini pastinya akan selalu berdampingan dengan meja. Tinggi meja rata-rata adalah 29 hingga 30 inci. Bagi sebagian orang, ini bisa terlalu tinggi ataupun terlalu pendek.

Untuk memasukan kursi ke dalam meja, lo bisa menyesuaikan tinggi kursi dengan memastikan posisi siku ditekuk 90 derajat saat diletakkan di atas meja. Namun, posisi ini juga harus diikuti dengan kaki yang menyentuh lantai dengan sempurna.

Jika kaki tidak menyentuh lantai, ini cukup mengganggu karena posisi kaki yang menggantung. Jadi sebaiknya diberikan tumpuan pada kaki seperti tumpukan kertas atau boks.

Kalau sudah memenuhi langkah pertama, lo sudah mendapatkan posisi duduk yang nyaman dan tidak mudah bikin pegal.

Sesuaikan Monitor PC atau Laptop

Image result for posisi duduk yang benar
Source: Dekoruma

Langkah kedua adalah menyesuaikan monitor PC atau laptop. Atur jarak pandang mata dengan monitor menggunakan tangan yang diulur ke arah monitor pada posisi tubuh tegak.

Setelah mengatur jarak pandang mata ke monitor, lo juga harus memperhatikan ketinggian monitor. Pastikan penglihatan mata dengan layar monitor sejajar, atau bisa disebut juga dengan eye level.

Tapi buat lo yang bekerja dengan dua monitor dan ingin kedua layarnya berada dalam satu pandangan, buatlah monitor itu berbaris sehingga lo berada di tengah-tengah kedua layar tersebut.

Kalau lo menggunakan laptop, sebisa mungkin menggunakan kickstand untuk mencapai eye level yang diinginkan. Kemudian bisa memasang keyboard dan mouse eksternal supaya lebih mudah dijangkau.

Dengan melakukan langkah kedua ini, lo sudah membuat mata menjadi nyaman dan tidak mudah capek saat melihat monitor seharian.

Pikirkan Posisi Keyboard dan Mouse

Image result for posisi keyboard dan mouse
Source: Apple

Kalau langkah ketiga ini, gunanya untuk mendapatkan kenyamanan pada tangan. Karena jika bekerja menggunakan PC atau laptop, mayoritas organ tubuh yang bekerja adalah mata dan tangan. Sehingga posisi keduanya perlu diperhatikan dengan baik.

Untuk posisi keyboard, pastikan berada di mana ujung tangan ditaruh di meja dengan posisi siku 90 derajat seperti pada langkah pertama.

Sedangkan posisi mouse, diusahakan untuk digerakan menggunakan siku. Kalau menggerakan menggunakan bahu, tubuh kita akan terasa lebih lelah karena energi yang dikeluarkan lewat bahu akan lebih besar dibandingkan menggunakan siku.

Dengan begini, lo tidak akan mudah lelah saat mengeluarkan energi lewat mata dan tangan.

_

Faktanya, 10-15 menit pertama ketika sudah duduk di kursi, tubuh akan mulai menunduk atau membungkuk ke arah layar. Hal ini tentunya tidak baik buat pertumbuhan tulang. Untuk lebih jelasnya, tonton video di bawah ini.

close

Begini Cara Mengatur Meja Kerja Lo Menurut Ilmu Ergonomi

Search
close