close

Cara Membasmi Kuman di Keyboard dan Laptop Lo

Source: Mashable
By Kevin Andreas
access_time 4 hari yang lalu Comments

Aktivitas buat lo supaya nggak gabut selama di rumah

Virus Corona masih menyebar, jumlah korban juga terus bertambah. Karena itu, kebersihan is more important than everĀ atau slogan religiusnya “kebersihan sebagian dari iman.”

Risiko penyebaran virus Corona mungkin bisa ditekan dengan mencuci tangan mengingat sabun bisa membunuh virus Corona. Tapi bagaimana dengan perangkat elektronik yang lo pakai sehari-hari? Nyemprotin semprotan sanitizer ke keyboard nggak cukup untuk membunuh kuman di perangkat tersebut.

Image result for spraying disinfectant giphy

Untuk ngebersihin keyboard dan laptop, ada beberapa hal yang lo mesti siapin; kuas make up, penyedot debu, kain pembersih (gunakan kain microfiber untuk hasil maksimal), campuran alkohol gosok dan air (dengan rasio 1:1), dan cotton bud.

Berikut beberapa langkahnya!

1. Pastiin lo udah memutuskan daya dari perangkat yang lo pengen bersihin.

It should go without saying bahwa alat elektronik itu sensitif dengan cairan. Jadi pastiin semua perangkat yang lo mau bersihin ada dalam keadaan mati.

Image result for turnng computer off giphy

2. Angkat keyboard dengan posisi terbalik

Jika lo membersihkan keyboard, angkat keyboard ke posisi terbalik dan goncangkan. Hal ini dilakukan supaya semua kotoran di sela keyboard bisa keluar dengan lebih gampang.

3. Bersihkan semua kotoran yang kasat mata

Gunakan kuas make up untuk membersihkan sisa kotoran yang tersisa. Lo juga bisa menggunakan penyedot debu untuk noda kasat mata yang sulit dijangkau kuas.

Untuk bagian ports yang kecil, gunakan cotton bud supaya lebih mudah dibersihkan.

Image result for laptop port washingtonpost

4. Bersihkan dengan campuran alkohol

Lembabkan kain microfiber dengan alkohol gosok (lembabkan ya, bukan dibasahin) dan bersihkan permukaan keyboard dan layar. Lembabkan kembali kain jika udah mulai mengering. Untuk metode pembersihan, circular motions work best.

Kombinasi kain microfiber dengan alkohol gosok juga bisa digunakan untuk ngebersihin permukaan handphone, mouse juga headset. Just make sure semuanya dalam kondisi mati dan nggak tersambung dengan daya listrik.

Image result for wiping phone screen gif


Simpel kan? Bisa jadi aktivitas selama self quarantine di rumah juga! Selamat mencoba!

close

Cara Membasmi Kuman di Keyboard dan Laptop Lo