Barbie Anne Avantie: Sosok Perempuan Indonesia Pertama yang Jadi Role Model

Barbie Anne Avantie: Sosok Perempuan Indonesia Pertama yang Jadi Role Model
access_time 3 minggu yang lalu

Secara khusus, Mattel memproduksi Barbie Anne Avantie sebagai penghargaan

Barbie Anne Avantie adalah edisi spesial atau One of A Kind (OOAK) alias cuma ada satu di dunia. Kehadiran Barbie versi ini adalah bagian dari kampanye Barbie Role Model yang Mattel Usung.

Mattel sebagai produsen Barbie sejak 2015 mengusung tema ini untuk menginspirasi generasi mudah sekaligus merayakan para perempuan hebat dari seluruh dunia.

Salah satu yang terpilih dari Indonesia adalah desainer berbakat, Anne Avantie. Awalnya, ia sempat nggak yakin dan nggak terpikirkan ia bakal terpilih menjadi salah satu role model.

“Saya ini bukan siapa-siapa tapi semua ini sudah Tuhan gariskan bahwa saya terpilih menjadi orang Indonesia pertama yang dibuat Barbie,”kata Anne kepada Wolipop.

Barbie Anne Avantie

Dengan balutan busana serba hitam ala Anne Avantie. Barbie ini mengenakan atasan siluet kebaya dan celana panjang. Juga lengkap dengan selendan batik tulis khas dari pekalongan yang tersampirkan dan kalung rosario.

“Itu selendang asli yang difoto lalu dibuat skala kecilnya,” ungkap Anne.

Selain busana, gak seperti Barbie pada umumnya dengan rambut panjang berwana blonde. Barbie Anne Avantie pun khas dengan sanggulan konde, sebagaimana rupa asli sang desainer ini.

Tim kreatif Mattel pun berkali-kali melakukan riset untuk mendapatkan hasil yang serupa dengan Anne.  Sebuah bunga kamboja juga tersemat pada rambut boneka tersebut.

Barbie Anne Avantie

Proses pembuatan yang cukup panjang

Desainer berbasis Semarang, Jawa Tengah ini mengatakan proses hingga akhirnya Barbie Anne Avantie ini terwujud cukup panjang. Proses produksinya memakan waktu hingga 6 bulan.

Sejak akhir tahun lalu, pihak Mattel menghubungi Anne Avantie untuk memberi tahu bahwa ia menjadi nominasi role model.

Akhirnya, setelah resmi terpilih, ia ikut terlibat dalam proses kreatif pembuatan boneka cantik ini. Ia juga mendampingi tim kreatif Mattel secara virtual, lantaran si Barbie berasal dari Amerika Serikat.

Anne pun memberika request khusus, supaya gak ada penambahan pada wujud yang mungkin bisa memperindah apa adanya. Ia ingin boneka tersebut lantas gak menghilangkan ciri khas dari seorang Anne Avantie.

Bagi Anne, ia sangat bersyukur atas apresiasi yang ia dapatkan di tengah pandemi seperti ini. Ia juga berharap, Barbie versinya bisa menginspirasi banyak orang untuk berani bermimipi tanpa memandang kekurangan.

“Kita bisa tetap menjadi perempuan Indonesia yang biasa tapi melakukan hal-hal luar biasa dan memberi pengaruh pada dunia melalui Inspirasi, karya dan cinta,” tutur Anne.

Barbie Anne Avantie

close

Barbie Anne Avantie: Sosok Perempuan Indonesia Pertama yang Jadi Role Model

Search
close