Bangun Motor Modifikasi Mulai Dari Mana Yah? Ini Dia Tipsnya Biar Enggak Salah Langkah!

access_time 8 bulan yang lalu

Mulai dari cari referensi sampai dengan persiapan budget yang matang

Bangun motor modifikasi pastinya menjadi sebuah hal yang sangat menyenangkan. Terlebih motor tersebut nantinya akan memiliki ciri khas dan karakter yang Lo inginkan.

Meski banyak yang puas dengan hasil modifikasinya, ternyata tidak sedikit yang justru kecewa karena salah langkah dalam memodifikasi motornya. Mulai dari salah konsep, atau proyek yang mandek di tengah-tengah karena susahnya mencari spare parts maupun dana yang gak cocok.

Untuk menghindari kejadian macam itu, kali ini USS Feed akan memberikan lo tips langsung dari orang yang sudah pernah memodifikasi motornya. Berikut tips & trick buat Lo yang ingin ngebangun motor modifikasi yang caem ;

Cari referensi dan definisi motor impian Lo

Ilustrasi majalah modifikasi motor // via motocrossactionmag

Meski terdengar klise, ternyata mencari referensi adalah hal wajib. Pasalnya dari situ, Lo akan mendapatkan โ€˜bayanganโ€™ seperti apa motor impian yang sesuai selera.

Referensi sendiri bisa ditemukan pada buku katalog motor, majalah otomotif, film atau buku. Bisa juga gunakan imajinasi โ€˜liarโ€™ untuk membuat motor custom yang out of the the box.

Setelah itu Lo akan tahu apakah motor Lo akan mengikuti spek keluaran pabrik atau harus dioprek lebih dalam lagi sesuatu gaya tertentu.

Mulai pilih bengkel yang kira-kira bisa mengeksekusi

Ilustrasi bengkel motor custome // image via pistonandchain

Dibalik motor custom yang keren, pasti ada campur tangan bengkel yang mahir dalam merealisasikan impian si pemilik. Maka dari itu, mulailah mencari bengkel yang menurut Lo cocok dengan arahan modifikasi motor Lo.

Selain cari sendiri, bisa juga meminta pendapat dari teman yang sudah pernah nge-bangun motor atau liat reviewreview di internet. Cara paling gampang juga bisa mengintip tulisan tentang mereka sih.

Ngeker spare parts

Ilustrasi spare parts motor // image via i1.wp

Ini bagian terpenting! Berdasarkan pengalaman sering kali proses bangun motor itu mandek karena kendala menemukan spare parts yang pas dan sesuai.

Jadi pastikan mencari spare parts sembari memantau harga. Jangan lupa juga untuk selalu memiliki beberapa alternatif pilihan untuk sebuah spare parts.

Siapkan budget yang sesuai kantong, sebaiknya dilebihkan

image via Giphy

Setelah 3 langkah di atas, sampailah Lo pada faktor yang krusial. Mengingat pada semua modifikasi akan mengarah pada UUD (ujung-ujungnya duit).

Untuk menghindari proses modifikasi mandek karena kocek yang kurang pas, pastikan lo setidaknya tahu estimasi biayanya. Lebih baik lagi siapkan kocek lebih, mengingat banyak faktor kejutan yang bisa terjadi di tengah penggarapan modifikasi.

Pantau terus proses modifikasi Lo

Image via Mokka.Blog

Sedari proses serah terima motor ke bengkel pilihan, Lo wajib banget untuk menjaga komunikasi dengan orang bengkel.

Alasannya adalah biar lo mudah memantau proses modifikasi, belum lagi mungkin aja tiba-tiba Lo pengen ngelakuin sesuatu yang beda dari kesepakatan awal.

Ya intinya sih jangan lepas tangan gitu aja biar motor Lo udah masuk bengkel.

Source : Danu – Penggelut Modifikasi Motor

Semoga tips & trick ini bisa ngebantu Lo yang udah BM bangun motor modifikasi yah? Selamat mencoba!

close

Bangun Motor Modifikasi Mulai Dari Mana Yah? Ini Dia Tipsnya Biar Enggak Salah Langkah!

Search
close