Bandcamp Dukung Gerakan #BlackLivesMatter Lewat Berdonasi

access_time 1 tahun yang lalu

Langkah Bandcamp sampaikan pesan anti-diskriminasi dalam industri musik

Sebuah gerakan yang kini sedang marak-maraknya disuarakan di Amerika Serikat, #BlackLivesMatter menjadi perhatian utama semua orang dan berbagai macam industri. Terakhir kali, dalam aksi tersebut terlihat seorang Kanye West yang juga turut ikut turun ke jalan bersama warga setempat lainnya.

Nah, ternyata tidak hanya Kanye West yang tergerak untuk ikut mendukung gerakan ini. Sebuah platform musik untuk para musisi independen, Bandcamp juga telah berinisiatif untuk mendukung gerakan #BlackLivesMatter ini.

Bandcamp dukung gerakan #BlackLivesMatter

via Bandcamp

Bandcamp berupaya mendukung gerakan ini dalam bentuk donasi finansial yang nantinya akan disumbangkan kepada NAACP Legal Defense Fund, sebuah organisasi hak sipil dan firma hukum yang memang fokus pada kasus ketidakadilan rasial di Amerika Serikat.

Nantinya, Bandcamp akan melaksanakan penggalangan dana ini pada 19 Juni 2020 mendatang. Dalam waktu 24 jam, 100 persen keuntungan yang dihasilkan akan langsung disalurkan kepada NAACP Legal Defense Fund.

Bandcamp juga melaksanakan penggalangan dana di tanggal tersebut karena bersamaan dengan perayaan Juneteeth, hari pembebeasan komunitas kulit hitam di Amerika Serikat dari perbudakan tahun 1865.

Pesan dibalik inisiatif Bandcamp

Support Artists on Bandcamp This Friday: The Platform is Waiving ...
via Remezcla

Tidak hanya menggalang dana untuk NAACP Legal Defense Fund saja, Bandcamp juga menerangkan akan mengalokasikan dana sebesar USD 3.000 setiap tahunnya untuk bekerja sama dengan organisasi-organisasi yang fokus pada penanganan isu diskriminasi rasial di Amerika Serikat.

Lewat inisiatif ini, Bandcamp sebenarnya ingin menyampaikan pesan anti-diskriminasi dalam industri musik. Sebagaimana yang lo tahu, industri musik memang terbentuk sebagai sebuah industri yang solid dan proses membangun relasi yang sangat kuat.

via Giphy

Selain pesan anti-diskriminasi, Bandcamp juga ingin terus mendukung berbagai musik etnis, musisi lokal, organisasi yang ada dalam ruang lingkupnya, sampai kerja sama dalam sebuah tim.

Rupanya, ini bukanlah inisiatif pertama yang pernah dilakukan Bandcamp. Selama masa pandemi ini, mereka juga telah mendonasikan 100 persen keuntungan dalam 24 jam di hari Jumat selama tiga bulan untuk mendukung para musisi yang terdampak finansial akibat Covid-19.

close

Bandcamp Dukung Gerakan #BlackLivesMatter Lewat Berdonasi

Search
close