Bandara Terbesar di Dunia Ini Kena Denda Rp 477 Miliar, Ini Alasannya!

access_time 1 tahun yang lalu

Kalau dibaca, masalahnya sih main-main. Tapi dendanya tidak main-main.

Tidak dapat dihindari bahwa sebuah tempat umum akan selalu menimbulkan keramaian. Bahkan saking ramainya orang, kadang kita suka tidak dengar suara orang di sebelah.

Tapi siapa sangka keramaian ini justru membuat kerugian sampai jutaan dolar.

Ada sebuah bandara terbesar di dunia, Bandara Internasional Denver (Amerika Serikat) yang dihukum dan didenda sebesar USD 33,5 juta atau setara IDR 477 miliar.

Kenapa ya?

Terlalu berisik

Bandara Didenda Rp 474 Miliar Gegara Terlalu Berisik
via Detik Travel

Gue pikir, bandara ini kena denda sebanyak itu karena ketahuan menyelundupkan barang ilegal atau hal yang berbahaya. Ternyata denda yang dijatuhkan kepada bandara ini hanya karena dianggap terlalu berisik.

Pengadilan Jefferson County, Amerika Serikat sudah menjatuhkan hukuman kepada bandara ini. Pelanggaran itu diberikan karena bandara telah berkali-kali melanggar peraturan “kebisingan” yang berdampak pada lingkungan sekitar sejak tahun 2014.

Sudah melanggar sejak bandara dibangun

Where to Drink at the Denver International Airport | VinePair
via VinePair

Bahkan pelanggaran ini bukan kali pertama yang dilakukan oleh Bandara Internasional Denver. Dilansir dariĀ The Denver Post, pihak bandara ini juga telah melanggar perjanjian-pemerintah wilayah sejak bandara tersebut dibangun.

Pemerintah wilayah Adams County pun mengatakan sebenarnya Bandara Internasional Denver ini sudah menggunakan alat pengukur kebisingan. Namun alat yang digunakan mereka ternyata terlalu kuno.

via Giphy

Makanya seringkali bandara ini dapat teguran dari masyarakat yang tinggal di sekitar bandara karena merasa terlalu berisik.

Sampai saat ini, Bandara Internasional Denver terhitung sudah melakukan 67 pelanggaran selama periode sejak 2014. Maka masing-masing pelanggaran didenda USD 500 ribu.

Perjanjian sudah sejak lama

via Giphy

Nyatanya, wilayah Adams County ini memang sudah punya perjanjian tentang polusi suara dengan pihak bandara. Dari sejak dulu juga mereka tidak setuju dengan metode dari bandara dalam mengukur suara pesawat masuk dan keluar yang ada di sana.

Nasib bandara yang dikelilingi pemukiman warga, Bandara Internasional Denver pun harus menerima akibatnya.

_

Bukannya bandara emang berisik ya?

close

Bandara Terbesar di Dunia Ini Kena Denda Rp 477 Miliar, Ini Alasannya!

Search
close