Baju Adat Badui Jadi OOTD Jokowi di Sidang Tahunan, Ini Maknanya!

Baju Adat Badui Jadi OOTD Jokowi di Sidang Tahunan, Ini Maknanya!
access_time 1 bulan yang lalu

Salah satu hal yang menarik perhatian dari sidang tahunan MPR/DPR 2021 adalah baju adat Badui (atau sering ditulis ‘Baduy’) yang Jokowi kenakan sebagai OOTD-nya kali ini.

Baju serba hitam dengan ikat kepala motif khas suku Badui, lengkap dengan tas selempang mengantarnya untuk menyampaikan pidato kenegaraan yang jadi highlight setahun sekali.

Melansir CNN, hal ini pun menjadi kebanggaan bagi Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Pasalnya, secara tidak langsung Lebak terpromosikan di momentum kenegaraan itu.

OOTD Jokowi di Sidang Tahunan: Baju Adat Badui

Menurut akun Twitter resmi @KSPgoid, Jokowi memilih untuk mengenakan baju adat suku Badui sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai-nilai adat dan budaya suku dari Kab.  Lebak, Banten itu.

Dalam pidatonya pun, Jokowi mengatakan:

Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat suku Badui. Saya bersyukur karena sederhana, simpel, dan nyaman. Saya ucapkan terima kasih kepada pak Jari Saija, Ketua Kepala Adat Suku Badui yang telah menyiapkan baju adat ini.

Selanjutnya akun twitter Kantor Staf Presiden itu juga menjabarkan detil baju adat suku Badui yang Jokowi kenakan dalam pidatonya.

Sederhana, simpel, dan nyaman

Dalam cuitannya, KSP menjelaskan kalau OOTD khas Badui itu terdiri dari Kutung, Telekung, Beubeur, dan Samping Aros.

Mulai dari basic-nya, yaitu kutung (atau Jaman Sangsang) yang merupakan baju berlengan panjang, tanpa kerah. Presiden RI itu memiling mengenakan kutung berwarna hitam.

Kemudian, ada pula beubeur yang merupakan ikat pinggang yang terbuat dari kain. Biasanya, baju tradisional ini juga lengkap dengan samping aros yang merupakan kain sarung bergaris yang panjangnya se-lutut. namun kedua items ini tidak tampak dalam OOTD yang Jokowi kenakan.

Lalu, yang terpenting, ada telekung, yaitu ikat kepala khas suku Badui. Hari ini, ia mengenakan telekung dengan motif batik khas Badui yang didominasi warna hitam dan biru.

Terakhir, Jokowi melengkapi look-nya dengan tas koja berukuran sedang yang ia selempangkan.

looking good, Pak Jokowi!

Baca juga:

close

Baju Adat Badui Jadi OOTD Jokowi di Sidang Tahunan, Ini Maknanya!

Search
close