Bagaimana Nasib Akun Instagram yang Penggunanya Sudah Meninggal?

access_time 1 tahun yang lalu

Kalau pengguna akun Instagram sudah meninggal, mau diapakan akun tersebut kalau sudah tidak terpakai?

Baru-baru ini, Instagram mengabarkan akan memberi tanda pada akun yang penggunanya sudah meninggal. Tanda yang diberikan Instagram ini ditemukan oleh seorang peneliti aplikasi, Jane Machun Wong.

Lewat akun Twitternya, Jane menjelaskan bahwa ia mendapati tanda bertuliskan “Remembering” yang muncul tepat di bawah foto profil akun tersebut.

Unggahan Twitter Jane pun dibenarkan oleh pihak Instagram. Liza Crenshaw selaku juru bicara Instagram menyampaikan bahwa memang perusahaan mempercepat pembuatan tanda tersebut supaya bisa digunakan penggunanya.

Kami telah mengerjakan pembaruan ini selama beberapa waktu, ini adalah salah satu fitur yang kami percepat selama COVID-19 untuk membantu komunitas selama masa-masa sulit,” kata Liza dilansir dari Teknologi.id.

Bagaimana caranya bisa mendapatkan tanda tersebut?

Banyak Korban COVID-19, Instagram Buru-buru Luncurkan Fitur ...
Source: Twitter / @wongmjane

Untuk keluarga yang ditinggalkan, mereka bisa meminta langsung kepada pihak Instagram untuk menandai akun milik anggota keluarga yang sudah meninggal lewat Help Instagram.

Setelah itu, pihak Instagram akan meminta beberapa bukti dan memverifikasi untuk memastikan apakah pemilik akun tersebut benar-benar telah meninggal dunia.

Kami perlu bukti kematian, seperti tautan ke berita duka atau artikel berita, untuk menjadikan akun sebagai kenangan,” tulis pihak Instagram.

Source: Giphy

Dengan menyematkan tanda “Remembering“, akun Instagram tersebut akan tetap aktif dan tidak akan dihapus oleh pihak Instagram. Akun tersebut juga dipastikan tidak bisa digunakan orang lain walaupun mengetahui password-nya.

Sebelum Instagram, ternyata Facebook sudah lebih dulu melakukan hal ini. Facebook memberikan kontrol untuk pewaris akun yang sudah meninggal untuk bisa memberikan pengaturan tambahan seperti tag dan siapa saja yang diperbolehkan melihat halaman Facebook tersebut sebagai penghormatan.

close

Bagaimana Nasib Akun Instagram yang Penggunanya Sudah Meninggal?

Search
close