Asteroid Terbesar Akan Melintasi Bumi 29 April 2020 Mendatang

access_time 2 tahun yang lalu

Pernah melihat meteor jatuh? Kalau belum pernah, kalian bisa menunggu pada 29 April 2020 mendatang karena akan ada asteroid besar yang melintasi bumi. Menurut The National Aeronautics and Space Administration (NASA), asteroid yang akan melintasi bumi ini memiliki ukuran sebesar bukit yang ada di bumi. Bagi para astronom, asteroid sebesar ini akan memiliki potensi bahaya ketika bertabrakan dengan planet atau benda langit lainnya.

Image result for asteroid gif
Source: Giphy

Walaupun dianggap berbahaya, kalian masih bisa tenang karena asteroid ini akan melintasi bumi pada jarak yang sangat aman yaitu empat juta mil atau enam juta kilometer dari bumi. Nantinya, lo akan melihat asteroid ini seperti bintang yang bergerak lambat melintasi langit bumi kita.

Dilansir dari CNN Indonesia, Eddie Irizarry selaku NASA Solar System Ambassador mengatakan, “Pengamat dengan teleskop setidaknya 6 inci atau 8 inci (ukuran cermin primer) akan melihat pergerakan asteroid (sangat lambat) di depan bintang-bintang.

Image result for asteroid 1998 or2
Source: Newsweek

Asteroid ini akan diperkirakan NASA memiliki panjang 2,5 mil atau 4,1 kilometer beserta ekor apinya saat memasuki wilayah bumi. Dengan ukuran seperti ini, NASA menyebutkan bahwa ini adalah asteroid terbesar yang melintasi bumi dan bisa disaksikan oleh orang awam sekali pun.

Buat lo yang mau melihat asteroid terbesar ini, NASA memberikan berbagai macam cara untuk dapat melihatnya. Lo bisa menggunakan teleskop untuk melihatnya, tapi kalau tidak ada teleskop, lo bisa memanfaatkan Proyek Teleskop Virtual yang berbasis di Roma karena di sana akan menyiarkan secara streaming fenomena ini sejak sehari sebelumnya.

Asteroid ini akan menjadi fenomena langka. Jelas saja, menurut Irizarry, buat lo yang ketinggalan atau tidak sempat menyaksikan asteroid sebesar bukit akan melintasi bumi akan bisa menyaksikannya lagi pada tahun 2079 mendatang. Pada tahun 2079 tersebut, akan hadir asteroid berukuran sebesar kota kecil akan melintasi bumi.

Kalau dalam waktu dekat, sebenarnya lo tetap bisa menyaksikan asteroid melintasi bumi pada 2024 dan 2027, namun ukurannya akan lebih kecil. Kemudian pada tahun 2029, NASA menyebutkan akan ada mega-asteroid Apophis yang ukurannya lebih kecil namun jaraknya akan lebih dekat dengan bumi.

So, jangan sampai kelewatan ya!

close

Asteroid Terbesar Akan Melintasi Bumi 29 April 2020 Mendatang

Search
close