Apple Peringatkan Penggunanya untuk Jangan Tutup Kamera MacBook, Kenapa Ya?

access_time 1 tahun yang lalu

Lepas penutup kamera laptop lo, sekarang! Ini penjelasan dari Apple

Mungkin sebagian dari lo sempat parno kalau kamera laptop atau smartphone ada yang memantau pergerakan lo selama menggunakannya.

Biasanya, kita akan memutuskan untuk menutup kamera tersebut dengan sticker atau penutup lainnya.

Namun, Apple baru saja memperingatkan para penggunanya untuk jangan menutup kamera MacBook sembarangan. Kira-kira, apa alasannya?

Akan merusak layar

via Giphy

Apple tidak menganjurkan lo untuk menutup MacBook saat kondisi webcam masih terlapis oleh penutup. Hal ini karena dikhawatirkan dapat menimbulkan kerusakan pada layar, salah satunya keretakan.

Rupanya, Apple telah merancang jarak antara layar dan keyboard pada MacBook dengan sangat rapat.

Meski menggunakan penutup dengan lapisan yang sangat tipis dan kecil, kerusakan bisa tetap terjadi pada laptop lo.

Kalau sampai rusak…

Ilustrasi Macbook Pro, Macbook Pro
via Unsplash

Sebaiknya barang berharga bisa lo jaga dengan baik. Apple pun juga mengingatkan jika MacBook lo rusak, maka harga perbaikan dari Apple akan sangat mahal.

Alih-alih sebagai perlindungan privasi lo saat menggunakan laptop, Apple lebih menyarankan untuk bisa mengandalkan lampu berwarna hijau yang ada di samping kamera tersebut.

Ketika kamera aktif, maka lampu hijau tersebut akan menyala. Apple pun berani mengklaim jika lampu tersebut mati, maka kamera tersebut tidak beroperasi sehingga tidak ada yang bisa memantau pergerakan lo.

via Giphy

Dilansir dari The Verge, sudah ada beberapa kasus yang melaporkan pecahnya layar MacBook Pro mereka karena tekanan ringan dari penggunanya saat masih terlapis penutup kamera.

Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, Apple memberikan jaminan bahwa lo tidak perlu menutup kamera untuk keperluan privasi.

Mereka juga mengingatkan untuk jangan menutup laptop saat kamera masih terlapisi, walaupun hanya setebal kertas sekali pun.

_

Siapa yang di sini kamera webcam-nya masih ditutup? Apakah lo akan percaya dengan peringatan dari Apple ini?

close

Apple Peringatkan Penggunanya untuk Jangan Tutup Kamera MacBook, Kenapa Ya?

Search
close