close

Apakah Sepatu Clarks Wallabee Akan Menjadi Trend Di Tahun 2020?

By Brian Notodihardjo
access_time 1 bulan yang lalu Comments

Sejarah

Brand asal United Kingdom (UK) atau biasa disebut dengan England ini sudah ada dari 195 tahun yang lalu alias sudah dari tahun 1825, Clarks didirikan oleh kakak beradik Cyrus dan James Clark di Street, Somerset, Inggris dimana yang sekarang menjadi headquarter dari Clarks. Produk yang terkenal dari Clarks ini adalah Desert Boot dan Wallabee.

Yang mau dibahas lebih dalam disini adalah Wallabee yang resmi dirilis pada tahun 1964 oleh perusahaan Jerman bernama Sioux, sebelumnya merek Wallabee ini di produksi di pabrik Padmore & Barnes di Kilkenny, Irlandia dan akhirnya pada tahun 1963 Wallabee diakuisi oleh Clarks. Sebelum berganti nama menjadi Wallabee, sebagai factory general manager Paddy Robert sebenarnya ingin mematenkan nama “Grasshoper” pada saat pergi ke New York untuk sebuah pameran dagang disana, tapi apa daya merek dagang “Grasshoper” telah dilisensikan. At the end Paddy Robert trademarked the name Wallabee.

Ikon & Kolaborasi

Banyak sekali artis-artis internasional dari kalangan musisi dan para atlet pun terlihat suka menggunakan Clarks Wallabee, sampai orang penting seperti Prince Harry pung gemar menggunakan sepatu ini. Berbagai macam brand streetwear pun banyak menggunakan siluet Wallabee ini untuk mengeluarkan sepatu kolaborasi dengan motif dan materials yang sangat limited. Oke nanti dibahas lagi tentang kolaborasi dengan siapa aja sih yang menggunakan siluet Wallabee ini, salah satu ikon dunia yang membuat Wallabee terkenal adalah Wu-Tang Clan hip hop grup asal Staten Island, New York ini memang sering sekali terlihat memakai Wallabee entah itu yang low cut atau yang hi cut disaat live perform maupun di beberapa video clip / cover album.

(source: pinterest)
wu-tang-clarks-header
(source: complex)

Tidak cuman Wu-Tang Clan yang membuat nama Wallabee menjadi besar seperti sekarang, brand dari rapper terkenal Drake OVO (October’s Very Own)  juga sempat berkolaborasi dengan Clarks dan menggunakan siluet Wallabee, begitu juga brand streetwear terkenal Staple, Stussy, Supreme, Patta, Carhartt WIP dan KITH. Dengan begitu kredibilitas Clarks terutama Wallabee semakin bagus dengan siluet yang simple dan menggunakan warna yang fresh dan “aman” begitu juga dengan materials yang digunakan sekarang semakin beragam dan gampang disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari ataupun dengan cuaca yang tidak mendukung sekalipun.

Pandangan Lain

Penulis artikel ini pun mempunyai pemikiran lain bahwa ada ikon lain yang juga sangat berpengaruh mengapa sepatu crepe sole yang sangat timeless dengan siluet moc ini kenapa bisa “nongol” lagi disaat scene sneaker dunia sedang menggila. Yeah! mereka adalah Ronnie Fieg dan Futura keduanya memang sudah mempunya sepatu kolaborasi dengan Clarks terutama Wallabee, mempunyai background yang berbeda namun mereka sangat mempunyai taste yang sangat bagus.

Ronnie Fieg dan Futura sama-sama dari kota New York, Futura yang seorang graffiti artist dari tahun 1970 sampai sekarang mempunyai peran penting dalam scene art maupun sneake scene di dunia. Futura sudah mengeluarkan beberapa kolaborasi nya dengan Clarks Wallabee, walaupun sangat limited pairs tapi ini salah satu sepatu yang masuk dalam kategori grails status bagi para pecinta Futura.

(source: sneakerfiles)

Begitu pula dengan Ronnie Fieg punggawa dari toko retail bernama KITH di New York ini sudah malang melintang di sneaker scene dunia dari kerjasamanya dengan beberapa brand sneaker seperti ASICS & New Balance.

Kesimpulan

Clarks Wallabee seperti another option gateaway for sneakerhead yang mungkin sedang jenuh di dunia sneaker ini, walaupun sneaker selalu identik dengan sol karetnya sepatu Clarks terutama siluet Wallabee ini merupakan opsi terbaik untuk “non-sneaker” sneaker. Sangat tidak salah bila memasukan Clarks Wallabee kedalam wishlist lo pada tahun ini, dengan range harga sekitar IDR 2.000.000, lo udah bisa mendapatkan Wallabee basic colorway yang gampang kalian mix match sesuai dengan kegiatan kalian sehari-hari.

close

Apakah Sepatu Clarks Wallabee Akan Menjadi Trend Di Tahun 2020?