Apa Itu “Lorem Ipsum” Yang Ada Di Beranda Kompas?

access_time 2 tahun yang lalu

Pada Rabu, 10 Juli 2019, Kompas merilis edisi harian yang bisa dibilang “nyeleneh” pada bagian beranda dengan tulisan “Lorem Ipsum Dolor Sit Amet, consectetur adipiscing elit. Integer non magna vitae tellus.”

Sebagai permohonan maaf, Kompas memberikan penawaran diskon 30% dengan menggunakan kode KOMPASLOREMIPSUM saat berbelanja di gerai.kompas.id. Bagi orang-orang yang terjun dalam dunia desain grafis, pasti sangat mengenal dengan  tulisan ini. Bagi desainer, Lorem Ipsum adalah pemandangan sehari-hari dan mungkin para desainer juga pernah melakukan kesalahan yang sama. Namun banyak yang tidak mengetahui makna dan asal – usul dari Lorem Ipsum ini.

Asal Mula “Lorem Ipsum”

lorem ipsum

 

Asal muasal dari Lorem Ipsum lahir dari seorang tukang cetak yang mengambil sebuah kumpulan teks, yang kemudian mengacaknya menjadi sebuah buku contoh huruf. Lorem Ipsum berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah“de Finibus Bonorum et Malorum” (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) sebuah karya sastra latin klasik yang ditulis oleh Cicero. Di mana sebenarnya yang Cicero tuliskan dalam bukunya berupa kalimat yakni:

neque porro quisquam est, qui dolorem ipsum quia dolor sit amet, consectetur, adipisci velit, sed quia non numquam eius modi tempora incidunt ut labore et dolore magnam aliquam quaerat voluptatem. Ut enim ad minima veniam, quis nostrum exercitationem ullam corporis suscipit laboriosam, nisi ut aliquid ex ea commodi consequatur? Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem eum fugiat quo voluptas nulla pariatur?”

Yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia memiliki arti:

“Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar.

Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?”

Penggunaan Lorem Ipsum Bagi Desainer

lorem ipsum

Penggunaan Lorem Ipsum kini digunakan oleh sebagai teks standar dalam sebuah karya desain dikarenakan huruf-huruf yang ada pada teks Lorem Ipsum memiliki penyebaran huruf yang normal dan merata. Salah satu contoh penerapan penggunaan naskah Lorem Ipsum dalam sebuah desain adalah pada layout template. Di mana agar nantinya seorang klien tidak terpengaruh dengan isi tulisan dari sebuah desain tersebut, melainkan agar klien memperhatikan desain yang diberikan.

close

Apa Itu “Lorem Ipsum” Yang Ada Di Beranda Kompas?

Search
close