Anies Perpanjang PSBB Transisi Jakarta Selama 14 Hari, Ini Alasannya

access_time 1 tahun yang lalu

Kembali diperpanjang, kapan PSBB di Jakarta usai?

Tepat hari ini, Kamis, 2 Juli 2020, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi fase satu di Jakarta akan berakhir. Namun Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memperpanjangnya lagi sampai 14 hari ke depan.

PSBB (Transisi) di Jakarta diperpanjang 14 hari ke depan dan akan evaluasi lagi sesudah kita dapat perkembangan terbaru,” kata Anies dilansir dari CNN Indonesia.

Anies pun menyebutkan alasannya memperpanjang PSBB Transisi selama 14 hari ini adalah keselamatan masyarakat karena wabah Covid-19 masih ada, meskipun bisa dikendalikan. Menurutnya, positivity rate di Jakarta masih dalam angka aman sesuai standar WHO, yaitu lima persen.

PSBB Transisi Fase 1

via The Jakarta Post

Untuk diketahui, sebelumnya PSBB Transisi DKI Jakarta fase satu ini sudah berlaku sejak 5 Juni 2020. Sejak saat itu, sejumlah kegiatan yang sebelumnya sangat terbatas, kini sudah mendapat kelonggaran.

Aktivitas masyarakat pun dibuat sebagai tahap adaptasi menuju new normal. Karena wilayah Jakarta masih belum termasuk daerah yang bisa menjalankan new normal, maka Anies membuatnya sebagai proses adaptasi supaya masyarakat bisa lebih terbiasa.

Beberapa kegiatan masyarakat pun sudah bisa berjalan kembali dengan tetap mematuhi beberapa protokol kesehatan. Seperti tempat ibadah yang sudah kembali dibuka dan beberapa kantor yang sudah mulai beroperasi.

New Normal, Menag: Masjid Hanya Dipakai untuk Salat Saja
via IDN Times Banten

Meski beberapa tempat ibadah sudah diperbolehkan untuk buka, masyarakat masih ada rasa takut dan khawatir sehingga memutuskan untuk menjalankan ibadah di rumah secara virtual.

Seminggu setelahnya, tepat pada 15 Juni 2020 giliran pusat perbelanjaan dan mal juga sudah diizinkan kembali beroperasi.

Persiapan Pusat Perbelanjaan Jelang New Normal
via Tirto.ID

Beberapa mal yang dibuka juga adalah mereka yang sudah siap dengan protokol-protokol kesehatan seperti penyediaan hand sanitizer di setiap sudut, pemeriksaan suhu sebelum masuk, dan penyemprotan disinfektan untuk sterilisasi.

Kemudian 20 Juni 2020, giliran taman dan tempat rekreasi yang diizinkan kembali dibuka saat PSBB Transisi Jakarta.

_

Memang sih setiap hari update yang positif virus corona selalu bertambah. Tapi kapan selesainya ya?

close

Anies Perpanjang PSBB Transisi Jakarta Selama 14 Hari, Ini Alasannya

Search
close