Andy Warhol Awali Tahun dengan Pameran Foto Terbesarnya!

access_time 2 bulan yang lalu

Legenda seniman asal Amerika Serikat, Andy Warhol kabarnya akan mengawali tahun ini dengan pameran foto terbesarnya. Pameran ini nantinya akan diselenggarakan pada 15 Januari – 13 Maret 2021 mendatang.

Sosok Warhol sendiri sampai sekarang telah berhasil berkontribusi dalam industri seni modern, terlebih karena gagasan-gagasan pentingnya. Akan seperti apa pameran fotonya tahun ini?

Andy Warhol: Instantanés

Andy Warhol
via Hedges Project

Pameran foto ini nantinya akan berlokasi di Paris yang bertajuk “Andy Warhol: Instantanés“. Acara ini akan menjadi pameran foto terbesar yang pernah dibuatnya selama ini.

Lewat pameran ini, ia ingin merepresentasikan bagaimana eksplorasi tema dan teknik yang dilakukan sepanjang karirnya sehingga membuat dirinya semakin produktif. Karya yang dipamerkan pun berasal dari koleksi James Hedges.

Andy Warhol
via Hedges Project

Akan ada beberapa kategori dalam pamerannya, mulai dari foto Polaroid, cetakan film karya-karyanya yang kurang terkenal, foto telanjang Sex Parts & Torsos, dan karya media campuran lainnya. Bahkan Warhol juga akan membawa karya “stitched photographs”-nya yang merupakan cetakan hitam dan putih yang disatukan menggunakan benang.

Ini merupakan puncak dari karya fotografi Warhol, yang dipamerkan pada pameran terakhirnya pada Januari 1987, enam minggu sebelum kematiannya,” kata pihak Galerie Italienne dikutip dari Siasat Partikelir.

Sepak Terjang Andy Warhol

Andy Warhol
via Invaluable

Dunia seni rupa pasti tak asing lagi dengan nama Andy Warhol, seorang seniman multi-talenta yang sangat berbakat semasa hidupnya. Tercatat sepanjang karirnya, sudah hampir 130.000 karya foto yang telah dihasilkannya.

Namun, sayangnya hanya 17 persen dari karyanya saja yang telah dicetak sebelum ia meninggal di tahun 1987 silam. Sedangkan sisanya dikoleksi oleh James Hedges untuk dijaga orisinalitasnya.

Meskipun sudah pergi, nama Warhol tetap berkontribusi dalam industri seni. Terbukti pada Andy Warhol Foundation yang memberikan bantuan darurat kepada seniman yang terdampak pandemi Covid-19.

_

Gokil, meski sudah tiada tapi karyanya tetap selalu jadi idola banyak orang!

close

Andy Warhol Awali Tahun dengan Pameran Foto Terbesarnya!

Search
close