Amerika Serikat Keluar dari WHO, Ini Alasannya!

access_time 1 tahun yang lalu

Apa alasan Trump ingin menarik Amerika Serikat keluar dari WHO?

Selama berlangsungnya masa pandemi virus corona ini, Amerika Serikat nampaknya menjadi pusat perhatian dunia karena banyaknya kasus positif di sana dan sang Presiden, Donald Trump yang terlihat ogah memakai masker.

Nah, sempat terdengar kabar bahwa Trump ingin menarik Amerika Serikat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kali ini, sepertinya mereka serius dengan apa yang sudah direncanakan tersebut.

Amerika Serikat ingin keluar dari WHO?

via WHO

Pejabat senior AS mengatakan bahwa rencana tersebut ternyata sudah dibicarakan dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

Jika semua prosesnya lancar, Amerika Serikat yang telah lebih dari 70 tahun menjadi anggota akan resmi keluar dari WHO pada 6 Juli 2021 mendatang.

Dengan kabar yang beredar, PBB pun membenarkan akan pernyataan dari pejabat senior AS yang identitasnya masih dirahasiakan tersebut. Bahkan pembahasan ini sudah diterima sejak sebulan yang lalu.

via Ayo Jakarta

Trump sudah menghentikan pendanaan kepada WHO sejak April 2020. Dalam suratnya pada 18 Mei 2020, ia memberi kesempatan kepada WHO selama 30 hari untuk berkomitmen melakukan reformasi.

Keluarnya Amerika Serikat dari WHO sendiri sebenarnya memakan waktu lama karena aturan yang diatur dalam resolusi Kongres AS.

Bagaimana cara Amerika Serikat keluar WHO?

via Reuters

Amerika Serikat yang mengajukan untuk keluar dari WHO ini wajib memberikan surat pengunduran diri satu tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, negara pimpinan Donald Trump tersebut juga harus membayar sumbangan dana kepada WHO.

Mengingat AS sendiri adalah pendonor utama WHO, setiap tahunnya mereka bisa mengeluarkan uang sedikitnya USD 400 juta atau setara IDR 6,5 triliun.

via Giphy

Sekarang, pengajuan AS sedang dalam proses verifikasi oleh WHO untuk memastikan apakah seluruh syarat untuk keluar telah semuanya terpenuhi.

_

Sebelumnya, selama masa pandemi virus corona ini, Donald Trump selalu mengatakan bahwa ia ingin membawa negaranya keluar dari WHO. Ia menuduh WHO menjadi boneka China dan memberikan anjuran yang salah terhadap mencegah penyebaran virus corona.

Gimana pendapat lo?

close

Amerika Serikat Keluar dari WHO, Ini Alasannya!

Search
close