Akira Prediksi Wabah Virus Corona?

access_time 2 tahun yang lalu

Banyak yang memprediksi wabah virus Corona sebelumnya dari buku The Eye of Darkness, kini dari film anime Akira.

Nggak cuma bikin heboh supermarket, wabah virus Corona ternyata juga bikin heboh twitter. Tepatnya dimana para pecinta anime membicarakan kesukaannya dengan bebas. Alasannya? Wabah virus Corona diduga sempet diprediksi anime “Akira.”

In case lo nggak tau, “Akira” adalah anime garapan Katsuhiro Otomo yang dirilis pada tahun 1988. Anime post-apocalyptic cyberpunk tersebut merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama.

Di film yang belatar pada tahun 2019 di Neo-Tokyo tersebut, ada satu adegan yang menunjukan sebuah signboard bertuliskan “147 hari menjelang Olimpiade Tokyo.” Kalimat tersebut diikuti dengan kalimat lain yang bertuliskan “Dengan dukungan satu sama lain, mari sukseskan bersama.

Namun di bawah tulisan tersebut ada pula grafitti bertuliskan “Batalkan saja.” Hal ini senada dengan Olimpiade Tokyo 2020 yang kini terancam diundur (bukan batal) gegara virus Corona.

Source: Akira

 

 

Walaupun begitu, lo nggak perlu langsung khawatir Olimpiade bakal dibatalin. Hal ini bahkan udah dipastikan ole WHO.

Sepengetahuan saya, tidak ada keputusan yang akan atau akan diambil dalam waktu dekat terkait masa depan Olimpiade,” kata Mike Ryan, kepala Program Kedaruratan Kesehatan WHO, kepada CNBC.

Source: Akira

Ryan juga menjelaskan bahwa selama wabah Zika dan SARS, Olimpiade nggak dibatalkan dan berhasil dirayakan tanpa banyak gangguan.

Jika Anda mengingat kembali, gelaran-gelaran tersebut masih bisa tetap berjalan dengan manajemen risiko yang tepat,” Lanjut Ryan.

Cuma kebetulan?

“Akira” mengisahkan tentang Olimpiade 2019 yang digelar di Tokyo, sementara Olimpiade 2019 digelar di Abu Dhabi.

Selain itu Olimpiade versi “Akira” merupakan gelaran Olimpiade yang ke-30, sementara Olimpiade yang asli merupakan gelaran yang ke-28.

Image result for AKIRA GIPHY
Source: Giphy

 

Bukan kali pertama diprediksi

Ini bukan kali pertama virus Corona “diprediksi.” Sebelumnya, virus Corona ini juga sempet diprediksi pada tahun 1981 lewat novel “The Eyes of Darkness” tulisan Dean Koontz.

Di buku tersebut, Koontz bercerita tentang sebuah virus muncul dan dikembangkan di kota Wuhan oleh Partai Komunis Tiongkok yang dikenal dengan sebutan “Wuhan-400.”

Walaupun demikian, rumor ini telah sepenuhnya di-debunked dan terbukti hanya sebatas kebetulan.

close

Akira Prediksi Wabah Virus Corona?

Search
close