Akibat Covid-19, Sekelompok Mahasiswa Bikin Wisuda di Minecraft!

access_time 1 tahun yang lalu

Wisuda di Minecraft?

Wabah Covid-19 memang telah merusak semua rencana kita. Entah itu liburan, bahkan sampai yang harusnya tahun ini bisa wisuda jadi ikut tertunda. Bahkan banyak kampus yang memilih untuk melaksanakan wisuda virtual, ketimbang memundurkan acara wisuda.

Mungkin ini memang jadi alternatif terbaik buat para mahasiswa yang ingin cepat-cepat wisuda, apa lagi kalau pakai game. Kayak yang dilakukan oleh mahasiswa Boston University yang melakukan wisuda buat mahasiswa yang lulus tahun 2020 lewat game Minecraft.

Wisuda di Quaranteen University

Fiat Blocks: Students use Minecraft to build UC Berkeley (and its ...
via Library News

Inisiatif yang dilakukan mahasiswa Boston University ini ternyata sudah berhasil mengundang sebanyak 515 partisipan, dari 1.000 mahasiswa yang direncanakan. Uniknya, Quaranteen University ini bukan hanya untuk mahasiswa lulusan Boston University aja.

Mahasiswa yang lulus tahun 2020 dari seluruh negara ternyata bisa mendaftarkan diri dalam acara wisuda virtual ini. Bahkan saking banyaknya yang ikut, Warren Partridge sebagai co-founder dan para builder dari venue wisuda tersebut perlu waktu yang cukup panjang untuk memberikan atmosfer seperti di dunia nyata.

Tapi, dalam pembentukan venue-nya, para inisiator juga mendapatkan referensi dari gabungan beberapa universitas di dunia. Contohnya, mereka memasukan pola gedung di Harvard University dan mencampurkannya dengan sekolah fiktif dari Harry Potter, Hogwarts.

Buat lo yang mau daftar Quaranteen University, bisa cek situs resmi mereka di sini.

Tidak hanya Quaranteen University yang bikin wisuda di Minecraft

Ternyata, ada juga kampus virtual lain yang berupaya membentuk acara wisuda ke dalam game Minecraft. Namanya Blockeley University, sebuah acara yang dibuat oleh Bjorn Lustic dan rekan-rekannya dari University of California di Berkeley untuk membuat pagelaran wisuda megah secara virtual.

Berbeda dengan Quaranteen University yang menyelenggarakan acara tetap dalam gedung, Blockeley University justru membuat sebuah stadion rugby menjadi venue dari pelaksanaan wisuda.

Lo bisa lihat betapa megahnya acara wisuda jika benar-benar dibayangkan terjadi di sebuah stadion. Akan ada ribuan orang yang memadati tempat duduk di sana untuk menyaksikan sebuah upacara wisuda.

_

Rupanya, masa karantina ini tidak membatasi kreativitas sejumlah orang untuk berkarya. Lewat game pun, mereka masih bisa memanfaatkannya untuk sebuah acara yang sebelumnya dilakukan secara nyata.

close

Akibat Covid-19, Sekelompok Mahasiswa Bikin Wisuda di Minecraft!

Search
close