Adidas dan Puma, Dua Brand Sukses yang Berawal dari Sebuah Pertikaian

access_time 4 bulan yang lalu

Kedua brand sepatu ini justru sukses berangkat dari sebuah pertikaian

Industri fashion sudah punya pasar yang sangat besar dan kini telah mendapat banyak perhatian dari masyarakat. Brand-brand fashion pun semakin bertebaran dimana banyak orang yang memilih jalur industri ini sebagai sumber pendapatannya.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika ada kompetisi atau pertikaian antara para brand. Bahkan ada brand yang justru bisa sukses melalui sebuah pertikaian panjang.

Salah duanya adalah Adidas dan Puma yang ternyata dulu berasal dari satu pabrik yang sama. Namun ada pertikaian antara mereka berdua yang membuatnya terpecah menjadi dua brand yang berjalan sendiri-sendiri.

Seperti apa sih sepak terjang Adidas dan Puma di industri fashion ini?

Awal Mula

via National Geographic

Perjalanannya dimulai ketika tahun 1920-an atau tepatnya pasca Perang Dunia 1.

Ada dua pemuda asal Kota Herzogenaurach, Jerman bernama Rudolf Dassler dan Adolf Dassler yang mendirikan sebuah pabrik sepatu olahraga bernama “Gebruder Dassler” yang artinya adalah “Dassler Bersaudara”.

Namun, perjalanan brand Gebruder Dassler sendiri memiliki naik turunnya. Sampai suatu saat ada sebuah perpecahan antar keduanya.

Apa penyebabnya?

Pertikaian Rudolf Dassler dan Adolf Dassler

via Suar

Ternyata, Rudolf Dassler dan Adolf Dassler adalah anggota resmi partai Nazi. Selain itu mereka juga aktif sebagai serdadu Jerman.

Keduanya terjadi pertikaian karena adanya perbedaan pandangan politik. Beda pendapat inilah yang membawa mereka sampai ke perpecahan yang cukup serius.

Puncak pertikaiannya ada saat Adolf menuduh Rudolf berkhianat terhadap Nazi. Akibatnya, Rudolf dipenjara dan kebenciannya semakin menjadi-jadi kepada Adolf.

Pecah Menjadi Adidas dan Puma

via Pinterest

Pertikaian ini semakin memuncak sampai akhirnya pada tahun 1984, Rudolf Dassler memutuskan untuk keluar dari Gebruder Dassler.

Keluarnya Rudolf kemudian dilanjutkan dengan membangun pabrik sepatunya sendiri bernama Ruda, yang sekarang lebih kita kenal dengan Puma.

Saat Rudolf membentuk brand sepatunya sendiri, Adolf pun mengganti nama Gebruder Dassler menjadi Adidas.

Ketika keduanya sudah menjalankan pabrik sepatunya masing-masing, mereka tetap membentuk pabriknya di Kota Herzogenaurach. Kota tersebut rupanya punya nilai historis tersendiri yang tak ternilai untuk Puma dan Adidas.

Berdamai Tahun 2009

via Sky Sports

Setelah terjadi pertikaian yang menyebabkan perpecahan antar keduanya, Adidas dan Puma akhirnya secara resmi berdamai pada tahun 2009.

Perdamaian antar keduanya ditandai dengan sebuah pertandingan sepak bola bertema “Peace One, Peace Day” dimana keduanya diperkuat oleh CEO masing-masing. Pertandingan tersebut pun tetap digelar di kota asal mereka, Kota Herzogenaurach.

_

Hebat ya mereka bisa jadi brand sportswear yang sama-sama sukses walaupun berawal dari sebuah pertikaian.

Gimana pendapat lo?


close

Adidas dan Puma, Dua Brand Sukses yang Berawal dari Sebuah Pertikaian

Search
close