close

5 Tips Aman Berwisata Buat Lo yang Udah Gak Tahan Pengen Liburan!

By Billy Dewanda
access_time 3 minggu yang lalu Comments

Yang udah kebelet liburan, mohon sabar dulu

Pandemi virus corona yang telah menyebar ke hampir seluruh dunia telah melumpuhkan sejumlah sektor kehidupan masyarakat, salah satunya sektor pariwisata.

Karena sudah terlalu lama, akhirnya banyak negara yang sudah memutuskan untuk membuka kembali tempat wisatanya demi memulihkan keadaan ekonomi, dimana sektor pariwisata mungkin jadi salah satu sumber pemasukan terbesarnya.

via Giphy

Meski begitu, nampaknya karantina mandiri selama 14 hari buat pendatang masih akan jadi syarat wajib buat sektor pariwisata selama new normal ini. Kalau gak punya banyak waktu untuk karantina sebelum berwisata, mendingan urungkan niat lo sekarang sampai menunggu titik cerah kapan virus ini akan berakhir.

Nah, sambil menunggu titik cerah untuk bisa kembali berwisata, lebih baik sekarang lo mulai nabung untuk dana liburan ke tempat wisata impian lo.

Ada baiknya juga kalau lo memperhatikan tips-tips berwisata kalau pandemi ini sudah selesai:


Kurangi transportasi umum

via Giphy

Memang sih menggunakan transportasi umum bisa meminimalisir budget liburan lo. Tapi, mungkin untuk saat ini pilihan terbaik buat lo saat liburan adalah sewa kendaraan.

Karena kan lo juga tidak tahu virus apa saja yang menempel di bagian-bagian transportasi umum.


Serba online

Transaksi online di Indonesia nomor satu se-Asia Pasifik | merdeka.com
via Merdeka

Serba online di sini maksudnya adalah seluruh transaksi yang lo lakukan selama liburan. Mata pasti kelaperan liat barang-barang lucu atau bahkan makanan-makanan enak di tempat wisata.

Tapi udah ga ada alasan lagi buat lo melakukan transaksi non-tunai di era yang udah digital ini. Bahkan sampai check-in pesawat juga sudah bisa online.


Bersih-bersih

via Giphy

Kalo tips ini mungkin udah semua orang melakukannya. Pandemi corona emang udah bikin kita jadi parno, makanya lo harus selalu bawa hand sanitizerpakai masker, serta lap atau tisu biar lo bisa tetap steril setelah memegang sesuatu.


Duduk dekat jendela

via Giphy

Sekarang, alat transportasi banyak yang mengosongan bangku tengah untuk tetap menerapkan physical distancing. Sebaiknya lo juga memilih kursi yang dekat jendela untuk mengurangi paparan virus penyakit.


Beli asuransi perjalanan

6 Alasan Kenapa Wajib Siapkan Asuransi Perjalanan Sebelum Liburan ...
via iStock

Sebelum pandemi ini berlansung, banyak yang membeli asuransi perjalanan untuk wisata ke luar negeri. Nah, sebaiknya hal ini juga lo lakukan saat melakukan wisata dalam negeri, biar liburan lo bisa semakin tenang.

_

Jadi, buat lo yang udah kebelet liburan sekarang, TAHAN DULU!

close

5 Tips Aman Berwisata Buat Lo yang Udah Gak Tahan Pengen Liburan!