close

5 Tahapan Jokowi Wujudkan Indonesia Maju, Apa Saja?

access_time 2 bulan yang lalu Comments

Calon Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato sebagai presiden terpilih pada Minggu 14 Juli 2019 malam di Sentul, Jawa Barat lalu. Malam itu Jokowi menjabarkan 5 strategi besar agar Indonesia maju diungkapkan  hadapan ribuan relawan, ia memaparkan lima hal prioritas untuk Indonesia lima tahun ke depan.

Kelima strategi itu mencakup infrastruktur, pembangunan SDM, investasi, reformasi birokrasi, dan penggunaan APBN tepat sasaran. Mengutip dari Liputan6, Menurut pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin, program yang dituangkan Jokowi dalam visi misi sudah tepat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dinilai membawa harapan dan optimisme baru dalam membangun Indonesia.

Jika dijabarkan lebih lengkap kurang lebih 5 poin tersebut seperti di bawah ini:

  1. Pembangunan infrastruktur akan terus berlanjut;
  2. Prioritas pembangunan SDM sejak dalam kandungan;
  3. Permudah investasi untuk lapangan pekerjaan
  4. Reformasi birokrasi
  5. APBN harus tepat sasaran

Kunci agar visi misi ini terwujud, menurut Ujang, terletak pada reformasi birokrasi. Karena semua lembaga baik TNI-Polri, legislatif, dan eksekutif sudah berbenah diri menjadi lebih baik. “Selama ini yang tidak tersentuh reformasi sama sekali hanya birokrasi,” ujar dia.

Semoga kelia poin yang disampaikan oleh Bapak Jokowi dapat terlaksana dan dapat memajukan Indonesia menjadi lebih baik lagi. Tonton video pidato full di bawah.

close

5 Tahapan Jokowi Wujudkan Indonesia Maju, Apa Saja?

close

Subscribe to
our newsletter

Get the best curated lifestyle news.