4 Movement Bantu UMKM Selama PPKM yang Bisa Lo Ikutin!

4 Movement Bantu UMKM Selama PPKM yang Bisa Lo Ikutin!
access_time 2 bulan yang lalu

Solidaritas untuk UMKM

Nggak bisa dimungkiri, UMKM jadi salah satu sektor yang paling terdampak selama pandemi berlangsung.

Sejak PSBB dan PPKM diberlakukan, lo mungkin sudah nggak asing dengan berita nasib buruk yang menimpa para pelaku bisnis kecil.

Mulai dari pembatasan jam operasional, penutupan permanen 1.500 restoran di kawasan Jabodetabek, hingga denda Rp5 juta yang harus dibayar seorang pedagang bubur lantaran menjual 4 porsi di masa PPKM Darurat.

Nggak heran, sejumlah movement dan inisiatif dan bermunculan; membentuk gotong royong supaya bisa sama-sama survive di masa pandemi ini.


  • #TokoBantuToko

Sebuah gerakan yang diinisiasi pelaku UMKM untuk pelaku UMKM sebagai bentuk solidaritas.

Gerakan#TokoBantuToko mengajak para pemilik bisnis untuk mempromosikan bisnis lain lewat saluran media sosialnya masing masing.

Kedai Roti Eneng yang berlokasi di kawasn Gandaria jadi salah satu penggiat gerakan ini.

Saya mungkin gak bisa collab dengan semua brand karena keterbatasan saya, tapi mungkin at least saya bisa bantu posting, terutama usaha-usaha yang baru atau sedang struggle dan butuh awareness,” seperti yang ditulis di akun Intagram resminya.

Untuk yang punya usaha kuliner dan sedang berjuang, boleh DM untuk mengirimkan foto product dan cerita yg menarik, saya akan coba bantu posting di instagram Roti Eneng selama PPKM.”

  • UMKM (U Makan, Kita Makan)

Sesuai namanya, gerakan yang digagas oleh Legasy Dealer ini mengajak publik untuk berpartisipasi agar semua orang bisa tetap makan meski PPKM menyumbat sumber penghasilan.

Lewat laman Instagramnya, toko retail asal Surabaya tersebut pengajak publik untuk ikut donasi uang, makanan hinggga obat-obatan yang nantinya disalurkan ke mereka yang membutuhkan.

Kami akan memberikan rincian pemasukan dan pengeluaran dananya di socmed @legasydealer secara transparan,” tulis mereka.

  • Sepedagang Jakarta

Sepedagang adalah gerakan yang betujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan para pedagang yang bersepeda di kawasan Jabodetabek.

Sejak bulan Juni lalu, akun Instagramnya yang menggunakan username @sepedagang.jkt menggunggah foto promosi para pedagang bersepeda di berbagai lokasi ibukota.

Akun tersebut juga mencantumkan kontak agar mereka yang melihat bisa ikut membeli,

  • Digital Bergerak

Sebuah koalisi media digital yang ditujukan untuk mengumpulkan donasi yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Gerakan ini menyasar UMKM dan pedagang yang begitu terdampak pandemi agar mereka bisa mempertahankan usahanya.

Sejumlah media yang dipastikan akan berpartisipasi meliputi USS Feed, Cretivox, Folkative, Froyonion dan masih banyak lainnya!

Mau berpartisipasi? Cek laman berikut!

close

4 Movement Bantu UMKM Selama PPKM yang Bisa Lo Ikutin!

Search
close